Analisis Perbandingan Pembangunan Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia (Studi Komparatif Pembangunan Perbatasan Sebatik-Tawau) (ary setiawan)

August 29, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 29, 2013 @ 11:18 PM
IP: 180.248.93.122

  • 1. Title [Judul]: Analisis Perbandingan Pembangunan Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia (Studi Komparatif Pembangunan Perbatasan Sebatik-Tawau)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: ary setiawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis perbandingan, Pembangunan wilayah perbatasan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan kebijakan pembangunan di bidang sosial-ekonomi di wilayah perbatasan antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Malaysia. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, dimana menggambarkan perbandingan pembangunan sosial-ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di peroleh melalui telaah pustaka dan literature seperti buku, internet dan lain-lain. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa kualitatif.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa pembangunan sosial-ekonomi di kedua wilayah ini memiliki keadaan yang sangat jauh berbeda, banyak faktor yang melatar belakangi ketimpangan ini terjadi diantaranya adalah, faktor kebijakan yang diambil serta faktor sumber daya manusianya. Apa yang Nampak pada wilayah perbatasan Malaysia, dimana wilayah perbatasannya benar-benar ditata sedemikian rupa, dimana aspek sosial-ekonominya benar-benar terpenuhi dari sarana dan prasarana seperti sekolah, sarana kesehatan dan serta akses jalan yang benar-benar di perhatikan tidak Nampak pada wilayah perbatasan Indonesia. Sebenarnya banyak kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia guna untuk mengubah wajah perbatasan Indonesia dari halaman belakang menjadi halaman depan sebuah negara. Akan tetapi kebijakan-kebijakan ini pada akhirnya hanya menjadi sebuah wacana yang tak kunjung terlaksana. Banyak hal sebenarnya yang dapat di pelajari oleh negara Indonesia dari negara tetangganya ini dalam mengelola sebuah wilayah perbatasan. Keterlibatan semua pihak adalah kunci sukses dalam membangun sebuah wilayah perbatasan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Yayuk Anggraini, S.IP, M.Si, Sonny Sudiar S.IP, MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email