Upaya Borneo Orangutan Survival (BOS) Dalam Konservasi Orangutan Di Kalimantan Timur Melalui Program Samboja Lodge (Ayu Puspitasari)

August 31, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Puspitasari, Ayu
On: Aug 31, 2013 @ 6:47 AM
IP: 180.248.255.162

  • 1. Title [Judul]: Upaya Borneo Orangutan Survival (BOS) Dalam Konservasi Orangutan Di Kalimantan Timur Melalui Program Samboja Lodge
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ayu Puspitasari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Borneo Orangutan Survival, Orangutan, Samboja Lodge
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya Borneo Orangutan Survival (BOS) dalam kegiatan konservasi otangutan di Kalimantan Timur melalui program Samboja Lodge. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik, yaitu menjelaskan dan menganalisis cara yang ditempuh oleh BOS dalam kegiatan mereka. Data yang disajikan merupakan data sekunder yang diperoleh melalui telaah pustaka, yakni dengan mengumpulkan data-data yang relevan dengan permasalahan yang dibahas dari literatur seperti buku, surat kabar, atau laporan dan situs-situs dari internet.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Borneo Orangutan Survival (BOS) dalam menangani konservasi orangutan di Kalimantan Timur adalah dengan membuat suatu program ekowisata yang dinamakan dengan Samboja Lodge. Samboja Lodge merupakan sebuah upaya untuk mengurangi tingkat ketergantungan BOS terhadap para donatur yang berasal dari dalam dan luar negeri , Samboja Lodge adalah penginapan yang terletak di kawasan Samboja Lestari yang menawarkan konsep ekowisata, dimana pengunjung yang menginap di Samboja Lodge bisa menikmati alam sekitar sekaligus mempelajari tentang kehidupan orangutan yang berada di kawasan konservasi. Setiap dana yang diterima oleh Samboja Lodge bersumbangsih terhadap kegiatan konservasi yang dilakukan oleh BOS, selain itu, Samboja Lodge juga diharapkan mampu mengedukasi para pengunjung tentang bagaimana kehidupan orangutan di Kalimantan Timur. Namun dalam prakteknya, Samboja Lodge kurangn efektif dalam membantu program konservasi orangutan dikarenakan tariff yang tinggi, sehingga para pengunjung yang memiliki dana yang terbatas akan sangat kesulitan untuk mengakses Samboja Lodge.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Andi Purnawarman, S.Sos, M.Si, Yuniarti, S.IP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email