Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Ditinjau dari Rasio Aktivitas Pada PT. Sarana Kencana Mulya di Samarinda (Nourma Yunita)

October 18, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 18, 2013 @ 3:58 PM
IP: 180.246.136.70

  • 1. Title [Judul]: Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Ditinjau dari Rasio Aktivitas Pada PT. Sarana Kencana Mulya di Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nourma Yunita
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efisiensi Modal Kerja, Rasio Aktivitas
  • 4. Description [Abstrak] : Dengan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio perputaran modal kerja yang membandingkan pendapatan dengan modal kerja netto yaitu aktiva lancar dikurangi hutang lancar serta komponen-komponen yang termasuk dalam perputaran modal kerja yaitu perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan. Serta menggunakan rasio efisiensi modal kerja yang menggunakan dasar pemikiran pengukuran laba operasi dari setiap modal kerja bruto yang dimiliki perusahaan.
    Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat diketahui bahwa perputaran kas dan perputaran piutang perusahaan semakin menurun tetapi untuk perputaran persediaan, perputaran modal kerja dan efisiensi modal kerja semakin meningkat, Peningkatan efisiensi penggunaan modal kerja ini disebabkan oleh naiknya laba operasi perusahaan.
    Sehingga melihat perputaran kas yang semakin menurun sebaiknya perusahaan mengantisipasinya dengan kas digunakan secara baik dan tepat sasaran. Sedangkan tingkat perputaran piutang yang semakin rendah dapat diantisipasi dengan perusahaan membuat kebijaksanaan baru dengan menentukan pembatasan maksimal hutang dan tingkat waktu pengembalian hutang dan meningkat efektifitas dalam penagihan piutang apalgi untuk piutang yang telah jatuh tempo atau menunggak.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. M. Zaini, M.Si / Eko A. Widyanto, SE., M.SA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email