Studi Tentang Penggunaan Internet Oleh Pelajar (Studi Pada Pengguna Internet Oleh Pelajar SMP N 1 Samarinda) (Riska)

November 7, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: riska, riska
On: Nov 7, 2013 @ 6:17 PM
IP: 110.139.148.135

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Penggunaan Internet Oleh Pelajar (Studi Pada Pengguna Internet Oleh Pelajar SMP N 1 Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Riska
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Internet dan Pelajar
  • 4. Description [Abstrak] : ABSTRAKTujuan penelitian adalah pertama, untuk mengetahui apakah mengakses internet merupakan suatu kebutuhan bagi pelajar SMP N 1 Samarinda, kedua, untuk mengetahui keperluan pelajar SMP N 1 dalam mengakses internet, ketiga untuk mengetahui waktu-waktu yang sering digunakan oleh pelajar SMP N 1 Samarinda dalam mengakses interner setiap hari dan untuk mengetahui pendapat dari para guru SMP N 1 Samarinda mengenai penggunan dan manfaat internet pada para pelajar SMP N 1 Samarinda.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis data yang diperoleh dilapangan. Digunakan teori interaksionisme simbolik dari Herbert Blumer yang bertumpu pada tiga premis yaitu: premis yang pertama, manusia bertindak terhadap sesuatu berdasarkan makna-makna yang ada pada sesuatu itu bagi mereka. Kedua, makna tersebut berasal dari interaksi sosial seseorang dengan orang lain. Ketiga, makna-makna tersebut disempurnakan disaat proses interaksi sosial.
    Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelajar SMP N 1 Samarinda sering mengakses internet pada saat setelah pulang sekolah dan menghabiskan waktu dengan hanya bermain internet. Informan perempuan lebih dominan mengakses internet setiap hari dengan waktu sekitar 2 – 3 jam dalam sehari, sedangkan informan laki-laki cenderung jarang mengakses internet dengan waktu 1 jam. Mereka tidak terlepas dari situs jejaring sosial (facebook dan twitter) dan permainan, walaupun beberapa dari mereka memanfaatkan internet sebagai sumber informasi, kebutuhan pelajar SMP N 1 Samarinda terhadap internet sangat penting karena dengan internet dapat menambah wawasan mereka mengenai pengetahuan dan informasi serta menjadi salah satu hiburan untuk mereka. Akan tetapi, kemahiran mereka dalam menggunakan internet tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar disekolah.

    Kata Kunci: internet dan pelajar

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Prof. Dr. H. Harihanto, MS 2. Agustin Nurmanina, MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 7 November 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email