UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENANGANI MASALAH KEAMANAN DI PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA (STUDI KASUS : KEAMANAN DI KABUPATEN NUNUKAN) (Ervina Octavia. H)

November 17, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: octavia, ervina
On: Nov 17, 2013 @ 11:06 PM
IP: 110.136.192.81

  • 1. Title [Judul]: UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENANGANI MASALAH KEAMANAN DI PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA (STUDI KASUS : KEAMANAN DI KABUPATEN NUNUKAN)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ervina Octavia. H
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: border security, Border management theory,Concepts border security countermeasur
  • 4. Description [Abstrak] : Artikel ini membahas tentang Kalimantan Timur sebagai salah satu provinsi Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, tentu membutuhkan suatu perhatian dalam pengelolaan kawasan perbatasan. Selama ini kehidupan di daerah kawasan perbatasan identik dengan sesuatu dengan sebutan yang “terpencil, terbelakang, termiskin, dan terabaikan”. Hal ini disebabkan karena tidak dipikirkan atau hanya sebagai halaman belakang suatu kehidupan bangsa ini, masalah perbatasan akan hangat dibicarakan jika bangsa ini diusik dengan bangsa tetangga. Karena posisinya yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, maka setiap perkembangan situasi maupun kemajuan berbagai bidang di negara tetangga akan berpengaruh terhadap masyarakat Nunukan. Perekonomian negara tetangga mengalami kemajuan lebih baik dibanding Nunukan. Hal ini terbukti dengan adanya perkembangan dan perbaikan sarana prasarana transportasi, sarana perdagangan, perbankan, pendidikan dan kesehatan di negara tetangga yang jauh lebih baik dan lebih maju. Untuk menangkal hal ini adalah dengan membuat sebuah kebijakan pengelolaan keamanan nasional yang difokuskan pada negara itu sendiri, sebagai upaya untuk meredam permasalahan keamanan dalam negeri, sekaligus dengan tidak melupakan kebijakan luar negeri untuk mengurangi ancaman dari luar.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Andi Purnawarman, S.Sos M.Si , Drs. H. Burhanudin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal (10-31-13-05-47-55).doc (112 kB) , eJournal (10-31-13-05-47-55).pdf (30

Loading

Print Friendly, PDF & Email