Pengaruh Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Optimalisasi Proses Belajar Mengajar Pada Tingkatan Sekolah Menengah Pertama di Kota Samarinda (Muhammad Ramadhansyah)

November 18, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 18, 2013 @ 6:57 PM
IP: 103.10.67.22

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Optimalisasi Proses Belajar Mengajar Pada Tingkatan Sekolah Menengah Pertama di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Ramadhansyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Dana BOS, Optimaplisasi Proses Belajar Mengajar, SMP Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh Dana BOS terhadap Optimalisasi Proses Belajar Mengajar pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi, penggunaan kuesioner atau angket, dan dokumen research. Penelitian ini tergolong kuantitatif. Untuk menganalisis data dalam rangka pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment, analisis regresi sederhana, dan koefision determinansi.
    Dari hasil penelitian ini ditinjau dari pengujian hipotesis melalui berbagai teknik statistik parametrik, maka diperoleh kesimpulan bahwa sana BOS memang memiliki korelasi (R) yang positif terhadap optimalisasi proses belajar mengajar dengan tingkat hubungan yang dapat dikatakan kuat. Melalui analisis regresi linier diperoleh 0,778X, yang artinya apabila Dana BOS berubah satu satuan dan menyebabkan akan menyebabkan perubahan sebesar 0,778 terhadap optimalisasi pproses belajar mengajar dan melalui kecermatan prediksi dengan membandingkan Sy dan SEest maka didapat Sy = 7,653 dan SEest = 5,859, dengan demikian Sy>SEest. Hal ini menunjukkan prediksi tersebut cermat bahwa dana BOS memiliki pengaruh positif terhadap optimalisasi proses belajar mengajar. Melalui analisis koefision determinansi ternyata dana BOS memiliki pengaruh sebesar 42,4% terhadap optimalisasi proses belajar mengajar pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama di Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si, Mohammad Taufik, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 18 November 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email