Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung (Studi Kasus Desa Sepala Dalung dan Desa Sesayap) (Intan Sumiyati)

February 9, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa

Submitted by: ,
On: Feb 9, 2013 @ 2:27 PM
IP: 200.200.1.31

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung (Studi Kasus Desa Sepala Dalung dan Desa Sesayap)
  • 2. Creator [Pengarang/penulis]: Intan Sumiyati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, PNPM Mandiri, Desa Sepala Dalung, Desa Sesayap, bidang ekonomi,
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Program (PNPM) Mandiri Desa Sepala Dalung dan Desa Sesayap. Latar belakang dari penelitian ini adalah kemiskinan yang terjadi di Desa Sepala Dalung dan Desa sesayap. Bahwa berdasarkan data yang ada angka kemiskinan di Desa Sepala Dalung dan Desa Sesayap masih ada semenjak adanya Implementasi program PNPM Mandiri tersebut. Padahal PNPM Mandiri merupakan suatu program untuk mengatasi masalah kemiskinanan.
    Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana penelitian dilakukan melalui observasi, kepustakaan, pengumpulan data dan wawancara secara mendalam. Setelah itu data-data yang diperoleh dikumpulkan dideskripsikan dan dianalisis dengan analisis kualitatif.
    Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan PNPM Mandiri di Desa Sepala Dalung dan Desa Sesayap di bidang ekonomi sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh pihak PNPM Mandiri Perdesaan. Hanya saja sebagian program yang dilkasanakan tidak dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Sepala Dalung dan Desa Sesayap karena kurangnya sumber daya manusia Desa Sepala Dalung dan Desa Sesayap. Sehingga dalam program yang berupa dibidang ekonomi masih adanya hambatan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rita Kalalinggi, M.Si dan Drs. Muhammad Arifin, M.Hum
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: e Journal

Loading

Print Friendly, PDF & Email