Efektivitas Program Bimbingan Mental, Sosial Dan Pelatihan Keterampilan Pada Anak Putus Sekolah Di Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat (Maria Cindy Triastika)

December 20, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 20, 2013 @ 2:24 PM
IP: 112.215.66.70

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Program Bimbingan Mental, Sosial Dan Pelatihan Keterampilan Pada Anak Putus Sekolah Di Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Maria Cindy Triastika
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas Program, Bimbingan Mental Sosial, Pelatihan, Anak Putus sekolah
  • 4. Description [Abstrak] : Efektivitas Program Bimbingan Mental, Sosial Dan Pelatihan Keterampilan Pada Anak Putus Sekolah Di Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat, oleh bimbingan Drs. Muhammad Noor, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Drs. M. Gunthar Riyadi, M.Si. selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mengkaji efektivitas program bimbingan mental, sosial dan pelatihan keterampilan pada anak putus sekolah di Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat. Dimulai dari proses sosialisasi, seleksi/identifikasi, evaluasi serta faktor yang menjadi penghambat Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat dalam melaksanakan program tersebut.
    Penelitian ini mengambil sampel sebagai (key informan) adalah Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial beserta Plt. Kasi Kesejahteraan Anak, Keluarga dan Masyarakat Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat, dan yang menjadi informan adalah anak-anak yang mengikuti program bimbingan mental, sosial dan pelatihan keterampilan yang berasal dari Kabupaten Kutai Barat sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2012 yang berjumlah sebanyak 9 (Sembilan) orang. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis data model interaktif dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.
    Temuan dari penelitian ini adalah Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kutai Barat meskipun dirasakan masih kurang maksimal, tidak adanya proses evaluasi dari Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat terhadap program bimbingan mental, sosial, dan pelatihan keterampilan mencuatkan tanda tanya besar apakah program ini layak untuk tetap dipertahankan atau tidak kedepannya. Temuan penelitian lainnya yaitu anak-anak yang telah mengikuti program bimbingan mental, sosial dan pelatihan keterampilan masih ada yang menganggur/bekerja, dan walaupun ada yang bekerja banyak yang bekerja tidak sesuai dengan pelatihan yang telah diikuti misalkan ada yang menjadi kuli bangunan, tukang cor dan lain sebagainya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Muhammad Noor M.Si. dan Drs. M. Gunthar Riyadi M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel ejournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email