Drama Kehidupan Ladies Yang Bekerja Di Mitra Pub Cafe & KTV Samarinda (Dionisius C. Uran Wawin)

January 29, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 29, 2014 @ 4:18 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Drama Kehidupan Ladies Yang Bekerja Di Mitra Pub Cafe & KTV Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dionisius C. Uran Wawin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Drama Kehidupan Ladies, Mitra Pub Cafe & KTV
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk melihat dan memberikan gambaran mengenai drama kehidupan Ladies yang terjadi di Mitra Pub café & KTV Samarinda. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode Etnografi yang meliputi kegiatan-kegiatan seperti mewawancarai parainforman, mengamati upacara-upacara keagamaan, menanyai hubungan-hubungan kekerabatan dan melacaki garis-garis harta milik, sehingga mengerjakan Etnografi itu mirip usaha membaca (dalam arti “menafsirkan sebuah bacaan dari”) sebuah manuskrip yang bersifat asing, samar-samar, penuh elips-elips, ketakkoherenan-ketakkoherenan, perubahan-perubahan yang mencurigakan dan komentar-komentar yang tendensius. Dengan begitu Etnografi membawa peneliti melihat realita ke dalam sebuah kelompok, organisasi, atau komunitas di lapangan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Etnografi bertujuan menguraikan suatu budaya secara menyeluruh, yakni semua aspek budaya, baik yang bersifat material seperti artefak budaya (alat-alat, pakaian, bangunan dan sebagainya) dan yang bersifat abstrak, seperti pengalaman-pengalaman, kepercayaan, norma, dan sistem nilai kelompok yang diteliti (Clifford Geertz, 1973 dan Lindlof, 1995).
    Sumber data yang digunakan adalah data primer maupun data sekunder sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di lapangan, peneliti memperoleh data dengan cara melakukan wawancara langsung kepada informan kunci dalam hal ini Ladies dan setiap orang yang berperan dalam kehidupan malam di Pub agar dapat mengetahui lebih dalam tentang drama kehidupan Ladies serta bagaimana kehidupan mereka saat berada di Pub dan di lingkungan Masyarakat, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil penelusuran di internet. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Dramaturgi Erving Goffman yang memandang kehidupan sebagai panggung pertunjukan yang mirip dengan pertunjukan yanng memiliki panggung depan dan panggung belakang pertunjukan.
    Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, kehidupan Ladies yang bekerja di Mitra Pub Cafe & KTV Samarinda ternyata sama dengan sebuah drama pertunjukan yang di pentaskan di atas panggung dimana setiap peran dan aktivitasnya sudah di atur dan di seting oleh Sutradara atau pihak Managemen Pub. Aktivitas yang mereka lakukan sehari-hari sangat beragam, saat berada di
    lingkungan Pub mereka tampil dengan busana yang seksi dan menarik dengan segala kemampuan dan kelebihan yang mereka miliki mereka kerahkan untuk memikat para pengunjung Pub, ini adalah panggung depan para Ladies panggung dimana setiap Ladies berusaha untuk tampil secara sempurna di hadapan para Tamunya. Sedangkan saat berada di lingkungan Mess mereka tampil seperti para wanita lain pada umumnya seperti memasak, berbicara, beribadah, serta busana maupun perilaku yang mereka tampilkanpun sewajarnya karena ini adalah panggung belakang para Ladies, panggung dimana tidak ada Tamu yang menyaksikan mereka sehingga mereka berperan sesuai dengan kemauan dan kebiasaan mereka sehari-hari.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sri Murlianti, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: Rabu, 29 Januari 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Sosiologi fix (01-28-14-06-44-28).pdf (360 kB)

Loading

Print Friendly, PDF & Email