Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) MANDIRI Di Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten kutai Barat (Beni Cuan Patama)

March 1, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 1, 2014 @ 11:14 AM
IP: 125.160.77.175

  • 1. Title [Judul]: Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) MANDIRI Di Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Beni Cuan Patama
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: PNPM, Kampung Ngenyan Asa, Kabupaten Kutai Barat
  • 4. Description [Abstrak] : Artikel ini membahas tentang pelaksanaan program PNPM Mandiri di Kampung Ngenyan Asa. Peran dunia usaha dan masyarakat pada umumnya belum optimal, dalam menghadapi masalah kemiskinan yang cukup kompleks. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) pada dasarnya adalah gerakan nasional dalam pembangunan yang berbasis pada masyarakat yang menjadi acuan dan pedoman pada pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat dalam rangka penanggulangan kemiskinan.
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif: yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara nyata dan sistematis terhadap fakta atau karakteristik populasi atau bidang tertentu dengan cermat dan faktual. Sedangkan, metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan penelitian dokumen.
    Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif (interactive model of analisis) yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman (2007). Adapun hasil penelitian yang diperoleh ialah Program PNPM di Kampung Ngenyan Asa yang terdiri dari koperasi simpan pinjam perempuan, pendidikan TK, pembuatan jalan Kampung dapat dikatakan dalam persiapannya tergolong bagus, namun dalam hal pelaksanaannya kurang lancar atau kurang efektif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil I Ketut Gunawan, MA dan Budiman, S.IP.,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 September 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email