Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Rentabilitas Ekonomi Koperasi Pegawai Negeri (KPN) “Bhakti Nusa” Di SMK Negeri 4 Samarinda (Achmad Khoyri)

March 7, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: khoyri, achmad
On: Mar 7, 2014 @ 11:15 AM
IP: 36.82.195.102

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Rentabilitas Ekonomi Koperasi Pegawai Negeri (KPN) “Bhakti Nusa” Di SMK Negeri 4 Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Achmad Khoyri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Modal Kerja, Rentabilitas Ekonomi
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan pendirian koperasi adalah mensejahterakan anggotanya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Meskipun demikian, sebagai badan usaha koperasi tetap bertujuan mencari laba. Dari kegiatan usahanya, koperasi akan menghasilkan laporan keuangan yang dapat dianalilis. Dari hasil analisis, kita dapat mengetahui pengaruh penggunaan modal kerja di KPN “ Bhakti Nusa” SMK Negeri 4 Samarinda. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan modal kerja koperasi pegawai negeri (KPN) “Bhakti Nusa” SMK Negeri 4 Samarinda berpengaruh terhadap rentabilitas ekonominya?. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pengaruh penggunaan modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi KPN “Bhakti Nusa” SMK Negeri 4 Samarinda.
    Obyek penelitian ini adalah Koperasi Pegawai Negeri (KPN) “Bhakti Nusa” SMK Negeri 4 Samarinda. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menghitung rasio aktivitas dan rasio rentabilitas Koperasi.
    Setelah diadakan pengunaan modal kerja Koperasi Pegawai Negeri KPN “Bhakti Nusa” SMK Negeri 4 Samarinda diperoleh hasil Rasio aktivitas terdiri dari perputaran modal kerja pada tahun 2009 sebanyak 2.11 kali, pada tahun 2010 sebanyak 1.51 kali dan pada tahun 2011 sebanyak 0.97 kali. Sedangkan rasio rentabilitas rata-rata pada tahun 2009 sebesar 44%, pada tahun 2010 sebesar 43% dan pada tahun 2011 sebesar 37%.
    Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan mengenai perputaran modal kerja dengan rentabilitas Ekonomi Koperasi Pegawai Negeri (KPN) “Bhakti Nusa” SMK Negeri 4 Samarinda. Atas hasil penelitian disarankan agar manajemen Koperasi Pegawai Negeri KPN “Bhakti Nusa” SMK Negeri 4 Samarinda perlu melakukan pembatasan jangka waktu peminjaman dan menigkatkan pendapatannya dengan cara memperbesar volume usahanya pada unit usaha yang memiliki konstribusi yang cukup besar sehingga akan meningkatkan laba yang nantinya akan berdampak pada Rentabilitas.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS / Adietya Arie H, S.Sos, M.AB
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email