EFEKTIVITAS KELEMBAGAAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN KUTAI BARAT DALAM PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSINYA (INDRA LESMANA)

March 26, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 26, 2014 @ 6:31 PM
IP: 206.190.155.65

  • 1. Title [Judul]: EFEKTIVITAS KELEMBAGAAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN KUTAI BARAT DALAM PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSINYA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: INDRA LESMANA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: efektivitas, penanggulangan bencana, Tufoksi, Kutai Barat
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini berangkat dari diterbitkanya Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penangulangan Bencana dan Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Barat. Persoalan kebencanaan melibatkan konsentrasi dari beberapa elemen instasi terkait kebencanaan dan pembentukan badan yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) pada tahun pertama menimbulkan keraguan terhadap kontribusi dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam mengatasi persoalan kebencanaan.
    Penelitian ini memfokuskan efektivitas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang dilihat menggunakan beberapa kriteria yaitu, produktivitas, fleksibilitas, kepuasan kerja dan, kualitas. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, untuk pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepusatkaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen. Narasumber ditentukan melalui teknik Purposive Sampling dengan key informan adalah kepala pelakasana badan. Sementara untuk informan tamabahan adalah pejabat dari badan tersebut maupun diluar badan serta masyrakat yang mendapat penanganan kebencanaan dan instansi yang menjadi mitra kerja. Kemudian data diolah menggunakan teknik analisis data model interaktif guna menghasilkan kesimpulan.
    Hasil penelitian mendapatkan beberapa masalah yang menjadi penghambat seperti, persoalan anggaran dan sumber daya manusia karena kurangnya tenaga professional, namun secara keseluruhan dari kriteria efektivitas menggambarkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sejauh ini dapat berjalan cukup efektif menangani persoalan kebencanaan di Kutai Barat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. A. Margono, M.Si , Drs. H. Burhanuddin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26-03-2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email