Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kalimantan Timur Tahun 2013 di Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara (Iqbal Saputra Zana)

June 3, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 3, 2014 @ 2:54 PM
IP: 203.130.214.106

  • 1. Title [Judul]: Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kalimantan Timur Tahun 2013 di Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Iqbal Saputra Zana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Partisipasi Politik, Masyarakat dan Pemilukada
  • 4. Description [Abstrak] : Iqbal Saputra Zana, Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kalimantan Timur Tahun 2013 di Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara. Bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Hj. Ida Wahyuni, M.Si selaku pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum kepala daerah Kalimantan Timur tahun 2013 di Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara serta untuk mengetahui faktor penghambat. Fokus penelitian ini yaitu sosialisasi politik, kegiatan tim kampanye, pemberian suara serta faktor penghambat partisipasi politik masyarakat.
    Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sumber data pada penelitian ini yakni key informan adalah Ketua PPS Kelurahan Sempaja Utara dan informan adalah Ketua Tim Kampanye dan masyarakat Kelurahan Sempaja Utara yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan.
    Kesimpulan penelitian diperoleh gambaran bahwa sosialisasi politik yang dilakukan oleh penyelenggara pemilukada belum maksimal. Masyarakat yang menggunakan hak pilih sudah memiliki pertimbangan yang logis dalam memilih pemimpin. Kemudian tim kampanye melakukan kegiatan kampanye terbuka atau kegiatan dialog langsung kepada masyarakat. Walaupun terdapat beberapa hambatan seperti kondisi wilayah yang berbukit-bukit, letak beberapa TPS yang jauh, sosialisasi politik yang kurang maksimal serta pola pikir masyarakat yang cenderung apatis.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si & Dra. Hj. Ida Wahyuni, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 Mei 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ARTICLE

Loading

Print Friendly, PDF & Email