PELAKSANAAN PROGRAM TALI ASIH/SANTUNAN BANGUNAN DI KABUPATEN TANA TIDUNG (Studi Pada Permukiman Penduduk Bantaran Sungai Sesayap di Desa Sepala Induk Kecamatan Sesayap Hilir) (ilham halid)

July 1, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 1, 2014 @ 11:49 AM
IP: 202.67.39.23

  • 1. Title [Judul]: PELAKSANAAN PROGRAM TALI ASIH/SANTUNAN BANGUNAN DI KABUPATEN TANA TIDUNG (Studi Pada Permukiman Penduduk Bantaran Sungai Sesayap di Desa Sepala Induk Kecamatan Sesayap Hilir)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: ilham halid
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pemukiman, tali asih/santunan, pemindahan/pembongkaran, Sungai Sesayap
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pelaksanaan program tali asih/santunan bangunan di kabupaten tana tidung studi pada permukiman penduduk bantaran sungai sesayap desa sepala induk kecamatan sesayap hilir. Dengan fokus penelitian melimputi : pemindahan/pembongkaran kawasan permukiman, penyuluhan dan santunan/pola penggantian bangunan
    Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan studi keperpustakaan, studi lapangan, yaitu dengan melakukan pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan pengamatan secara langsung pada objek penelitian, analisis dokumentasi. Narasumber ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan key informen adalah Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Camat Kecamatan Sesayap Hilir dan Kepala Desa Sepala Induk, Tokoh Masyarakat, Perwakilan dari Masyarakat Desa Sepala Induk sebagai informan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data perbandingan tetap yang diawali dengan pengumpulan data, klasifikasi, slicing, pemetaan, dan producing yang menghasilkan kesimpulan yang mendalam.
    Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan program tali asih/santunan bangunan di bantaran sungai sesayap desa sepala induk telah berjalan sesuai dengan tahapan pelaksanaan, namun terdapat beberapa hambatan yakni: kurangnya komunikasi antara pihak pemerintah dengan masyarakat tentang kebijakan program pembangunan bantaran Sungai Sesayap; proses pembongkaran bangunan dilakukan oleh masing-masing pemilik bangunan sehingga masyarakat merasa terbebani baik dari aspek tenaga maupun biaya; pola pemberian santunan/penggantian bangunan yang tidak sesuai dengan kerugian sehingga tidak memenuhi harapan warga serta masih adanya masyarakat bantaran Sungai Sesayap yang tidak ingin dipindahkan dari tempat asalnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Muhammad Noor, M.Si & Drs. H. Burhannudin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 1/7/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Doc

Loading

Print Friendly, PDF & Email