Upaya Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda dalam Pengembangan Objek Wisata Desa Budaya Pampang (Tri Astuti)

July 14, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Astuti, Tri
On: Jul 14, 2014 @ 4:07 PM
IP: 36.82.211.128

  • 1. Title [Judul]: Upaya Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda dalam Pengembangan Objek Wisata Desa Budaya Pampang
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Tri Astuti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengembangan Objek Wisata
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Upaya Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda dalam pengembangan objek wisata Desa Budaya Pampang dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat Upaya Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda dalam pengembangan objek wisata Desa Budaya Pampang.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoden penelitian deskriptif kualitatif dengan Fokus yaitu Objek dan Daya Tarik Wisata, Prasarana Wisata, Sarana Wisata, Infrastruktur/Tata Laksana, dan Masyarakat/Lingkungan serta Faktor pendukung dan penghambat Upaya Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda dalam pengembangan objek wisata Desa Budaya Pampang. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan Key informan adalah Kepala UPTD Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, sedangkan yang menjadi informan adalah Kasi dan staff bidang Pengembangan Destinasi serta Kepala Kesenian objek wisata Desa Budaya Pampang, dan yang menjadi informan lainnya yaitu para wisatawan/pengunjung objek wisata Desa Budaya Pampang.
    Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya pengembangan objek wisata Desa Budaya Pampang ialah Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda berupaya untuk Objek Wisata Desa Budaya Pampang dapat menerima anggaran dana guna pengembangannya serta pemenuhan prasana wisata, sarana wisata dan perbaikan infrastruktur serta pembinaan dan pelatihan kepada pengurus dan penari guna meningkatkan peran serta masyarakat. Walaupun upaya Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda masih belum maksimal akan tetapi cukup berarti dalam upaya mengembangkan objek wisata Desa Budaya Pampang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanudin, M.Si, Santi Rande, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email