Pelaksanaan Pembangunan di Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat (Studi Komparatif di Kampung Damai Kota Dan Kampung Jengan Danum) (octavina palupi)

July 20, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 20, 2014 @ 1:25 AM
IP: 112.215.36.143

  • 1. Title [Judul]: Pelaksanaan Pembangunan di Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat (Studi Komparatif di Kampung Damai Kota Dan Kampung Jengan Danum)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: octavina palupi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembangunan Infrastruktur, Kecamatan Damai, Kampung Damai Kota, Kampung Jengan
  • 4. Description [Abstrak] : Octavina Palupi, Studi Komparatif Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur dibawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma. M.Si selaku Pembimbing I dan Lutfi Wahyudi S.Sos,M.Si selaku Pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini dilakukan yakni untuk mengetahui pelaksanaan pembangunan Infrastruktur di Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat, yang dimaksud dengan infrastruktur adalah ketersediaan sarana dan prasarana pelayanan public seperti sarana Kesehatan, Pendidikan, Tranportasi, Pasar dam sarana Geagamaan. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Komparatif atau perbandingan satu obyek dengan obyek lainya, dan yang menjadi obyek dalam penelitian ini yaitu Kampung Damai Kota yang notabene sebagai Ibu Kota Kecamatan dan sebagai pembandingnya Kampung Jengan Danun yang hanyalah salah satu bagian dari Kecamatan tersebut. Kedua Kampung diatas berada di dalam satu wilayah kecamatn ialah Kecamatan Damai dengan mayoritas suku di dalam kaedua kampung tersebut adalah dayak benuaq proses pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan melakukan observasi partisipatif, Interview tidak terstruktur (wawancara yang mendalam), dan terakhir dokumentasi.
    Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembangunan Infrastruktur di Kecamatan Damai mengalami banyak permasalahan khusus, di Kampung Damai Kota permasalahannya mengenai kawasan pembangunan sering terkena banjir, masyarakat Kampung bersikap apatis pada pembangunan yang dilkukan oleh pemerintah, meskipun demikian ada salah satu kelebihan dari Kampung ini ialah mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah dalam hal pembiayaan pembangunan. Sedangkan kondisi yang berbeda di Kampung Jengan Danum dengan wilayah cukup besar dan lagi mempunyai masyarakat yang sangat royal terhadap pemerintah serta hubungan baik dengan perusahaan di sekitaran wilayahnya membuat pembangunan masih dapat terus berjalan walau pun kampung ini menjadi salah satu kampung yang kurang mendapat diperhatian dari Pemerintah Daerah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Lutfi Wahyudi, S.Sos, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19 juli 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: doc

Loading

Print Friendly, PDF & Email