STUDI TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. INTRACAWOOD MANUFACTURING DI DESA SEPUTUK KECAMATAN MURUK RIAN KABUPATEN TANA TIDUNG (SEMSON)

August 3, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 3, 2014 @ 9:30 PM
IP: 36.82.223.77

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. INTRACAWOOD MANUFACTURING DI DESA SEPUTUK KECAMATAN MURUK RIAN KABUPATEN TANA TIDUNG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: SEMSON
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pelaksanaan program CSR PT. Intracawood Manufacturing, Desa Seputuk Kecamatan
  • 4. Description [Abstrak] : SEMSON. Studi Tentang Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Intracawood Manufacturing di Desa Seputuk Kecamatan Muruk Rian Kabupaten Tana Tidung dibawah bimbingan Drs. M. Gunthar Riady, M.Si pembimbing I dan Drs. Heryono Susilo Utomo, M.Si selaku pembimbing II. Program Studi S1 Pemerintahan Integratif, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Corporate Socil Responsibility (CSR) PT. Intracawood Manufacturing di Desa Seputuk Kecamatan Muruk Rian Kabupaten Tana Tidung dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan program tersebut. Tempat Penelitian dilaksanakan di Desa Seputuk dan Kantor Pusat PT. Intracawood Manufacturing di Tarakan.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui wawancara mendalam. Dalam menentulan narasumber atau informan menggunakan teknik purposive sampling. Narasumber Dalam penelitian ini adalah Manager Division PT. Intracawood Manufacturing, Kepala bagian Kelola Sosial PT. Intracawood Manufacturing, Kepala Desa Seputuk, Sekretaris Desa Seputuk, Kepala Adat Desa Seputuk dan Ketua LPM Desa Seputuk. Dengan berdasarkan data yang ada penulis berupaya mendiskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang ada.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Program Corporate Socil Responsibility (CSR) PT. Intracawood Manufacturing di Desa Seputuk Kecamatan Muruk Rian Kabupaten Tana Tidung telah berjalan dengan baik dengan terlaksananya program pengembangan sumber daya manusia, memberdayakan ekonomi masyarakat, menjaga keharmonisan dengan masyarakat, mengimplementasikan tata kelola yang baik dan memperhatikan kelestarian lingkungan.
    Faktor pendukung dalam pelaksanaan program CSR ini adalah tersedianya dana berupa beasiswa, tersedianya lahan pertanian, pihak perusahaan berkomitmen akan memberikan bantuan-bantuan sosial dan memberikan pajak kompensasi berupa fee terhadap kayu log yang dihasilkan dari wilayah desa Seputuk. Dan faktor penghambatnya adalah rendahnya sumber daya manusia (SDM) masyarakat, kurangnya partisipasi dari masyarakat dan kurangnya pemantauan langsung dari pihak perusahaan dalam setiap program CSR-Nya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. M. Gunthar Riady, M.Si , Drs. Heryono Susilo Utomo, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 03/08/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email