STUDI TENTANG EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) Di Desa Noha Boan Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu (DAMIANUS DING)

August 29, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 29, 2014 @ 1:46 PM
IP: 36.83.43.243

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) Di Desa Noha Boan Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: DAMIANUS DING
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Pelaksanaan, PNPM-MP
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana Efektivitas Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) di Desa Noha Boan Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu yaitu kegiatan di bidang Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dan kegiatan di bidang Pembangunan atau Perbaikan Prasarana dan Sarana maupun faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan PNPM-MP di Desa Noha Boan.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum efektivitas pelaksanaan PNPM-MP di Desa Noha Boan secara khusus program simpan pinjam perempuan (SPP) belum cukup efektif, hal ini masih dibuktikan dengan masih adanya keterlambatan dalam pengembalian dana pinjaman atau pinjaman bergulir, sedangkan kegiatan pembangunan prasarana dan sarana sudah cukup efektif, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya sejumlah pembangunan prasarana seperti: semenisasi jalan gang, saluran air bersih, saluran drainase, dan tangga tepian.
    Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan PNPM-MP di Desa Noha Boan adalah Faktor Pendukung dan faktor penghambat, adapun faktor pendukungnya adalah partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan program dengan tingkat antusias yang tinggi. Sedangkan faktor penghambat yaitu rendahnya tingkat pendidikan masyarakat yang menghambat tingkat pengetahuan masyarakat terhadap tujuan dari program PNPM-MP.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : drs. H. Burhanudin, M.Si & Mohammad Taufik, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 AGUSTUS 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ARTIKEL

Loading

Print Friendly, PDF & Email