PENGARUH PELAKSANAAN PEMBINAAN KUMKM TERHADAP PERKEMBANGAN KOPERASI, USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH PADA DINAS PERINDAGKOP DAN UMKM KABUPATEN NUNUKAN (Budi Haryanto)

August 30, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Aug 30, 2014 @ 11:41 AM
IP: 36.82.214.63

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH PELAKSANAAN PEMBINAAN KUMKM TERHADAP PERKEMBANGAN KOPERASI, USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH PADA DINAS PERINDAGKOP DAN UMKM KABUPATEN NUNUKAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Budi Haryanto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Program, Koperasi,Perkembangan, Wirausaha Baru
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan pembinaan KUMKM (Penciptaan Iklim Usaha KUMKM, Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif, Pemberdayaan Usaha Skala Mikro,) terhadap perkembangan KUMKM di Kabupaten Nunukan ?
    Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan bersifat eksplanatory. Metode pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling (penarikan sampel proporsional acak berstruktur) dengan sampel sebanyak 74 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan uji secara simultan (Uji F) dan secara parsial (Uji t) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05).
    Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa: Penciptaan Iklim Usaha KUMKM, Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif, Pemberdayaan Usaha Skala Mikro mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan KUMKM di Kabupaten Nunukan dengan tingkat signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R2 sebesar 47,20% dan sisanya 53,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. Hasil uji t (secara parsial) yaitu: Penciptaan Iklim Usaha KUMKM, Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif bagi KUMKM,dan Pemberdayaan Usaha Skala Mikro berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan KUMKM dengan nilai Fhitumg = 20,892 dan Ftabel = 2,76.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. Djumadi, M.Si dan Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30/08/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email