IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DALAM PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAERAH PEDALAMAN DI KECAMATAN LONG PAHANGAI KABUPATEN MAHAKAM ULU (Tiopilus Hanye)

August 30, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Aug 30, 2014 @ 12:26 PM
IP: 36.82.214.63

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DALAM PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAERAH PEDALAMAN DI KECAMATAN LONG PAHANGAI KABUPATEN MAHAKAM ULU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Tiopilus Hanye
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembangunan Infrastruktur
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis. Implementasi pembangunan Infrastruktur Dalam Percepatan Pembangunan Daerah Pedalaman. Fokus penelitian yang ditetapkan.meliputi : Pembangunan prasarana Jalan, Pembangunan prasarana Jembatan, Pembangunan prasarana kesehatan, Pembangunan prasarana pendidikan, Pembangunan prasarana ekonomi, dan Pembangunan prasarana peribadatan.
    Sumber data diambil dari informan dan key informan. Sebagai informan adalah pegawai Pemerintahan Kecamatan, aparat desa dan pemuka masyarakat. Sedangkan sebagai key informan adalah Camat Long Panghai. Analisis data yang digunakan adalah model Alir yang dikembangkan Miles dan Huberman melalui tahapan-tahapan.
    Dari hasil temuan di objek penelitian menunjukkan bahwa Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Mahakam Ulu secara implementatif telah mengalami perubahan dan perbaikan terhadap keadaan infrastrukur di daerah tersebut, meski demikian perubahan/ perbaikan tersebut kurang mempercepat pembangunan daerah pedalaman. Dari tindakan yang dilakukan pemerintah Kecamatan Long Panhangai Kabupaten Mahakam Ulu melalui beberapa kegiatan seperti pembangunan prasarana Jalan, prasarana kesehatan, prasarana pendidikan, prasarana ekonomi, dan prasarana peribadatan, menunjukkan indikasi keberhasilan, meski demikian keberhasilan yang dicapai kurang optimal atau kurang sesuai kualifikasi yang diharapkan. Ditinjau dari nilai manfaat, dengan dibangunnya sarana dan prasarana (infrastruktur) di Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Mahakam Ulu, dapat merubah keadaan dan suasana lingkungan masyarakat lebih baik, terutama pembangunan prasarana jalan dapat mempercepat aksesbilitas, bukan hanya terhadap penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan umum tetapi juga dapat memperlancar segala urusan yang berkaitan dengan kepentingan kehidupan masyarakat. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintahan Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Mahakam Ulu, baik dibidang prasaraana jalan, kesehatan, pendidikan dan ekonomi, mempunyai arti penting untuk kehidupanmasyarakat. Kurang optimalnya pembangunan infrastruktur di daerah tersebut disebabkan oleh terbatasnya alokasi anggaran pada masing-masing kegiatan, rendahnya aksesbilitas transportasi sehingga diperlukan biaya yang lebih besar, dan faktor pendanaan yang sering terlambat sehingga secara aplikatif pembangunan infrastruktur kurang lancar dan berujung pada kurang efektifnya hasil yang dicapai.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30/08/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email