UPAYA PEMERINTAH DESA DALAM MENYEDIAKAN SUMBER AIR BERSIH DI DESA GUNUNG INTAN KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (SAUKANI)

September 2, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 2, 2014 @ 10:04 PM
IP: 36.75.88.80

  • 1. Title [Judul]: UPAYA PEMERINTAH DESA DALAM MENYEDIAKAN SUMBER AIR BERSIH DI DESA GUNUNG INTAN KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: SAUKANI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Upaya, Pemerintah Desa, Penyediaan Sumber Air Bersih, Desa Gunung Intan Kabupate
  • 4. Description [Abstrak] : Saukani, Upaya Pemerintahan Desa dalam Menyediakan Sumber Air Bersih di Desa Gunung Intan Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara, dibawah bimbingan bapak Drs. Muhammad, M.Si dan bapak Lutfi Wahyudi, S.Sos, M.Si.
    Latar belakang penulisan ini mengenai upaya / strategi pemerintah desa dalam rangka menyediakan sumber air bersih di desa gunung intan kecamatan babulu kabupaten penajam paser utara. Dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif kualitatif dengan fokus perencanaan dalam penyediaan air bersih, pelaksanaan cara untuk menyediakan air bersih, dan evaluasi / pengawasan. Dalam pengumpulan sumber data dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara field work research dan library research yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan, arsip serta dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data diperoleh melalui pengamatan langsung kelokasi penelitian dan mengadakan wawancara dengan informan yaitu kepala desa gunung intan dan staf pemerintahnya, serta warga desa gunung intan. Analisis data model interaktif yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyajian data, penyederhanaan data, dan penarikan data.
    Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa upaya pemerintah desa dalam penyedian air bersih terdiri dari perancanaan dalam penyediaan air bersih yang kurang berjalan dengan baik karena adanya kendala, pelaksanaan cara untuk menyediakan air bersih yang kurang baik karena tidak meratanya penyediaan air bersih, dan evaluasi / pengawasan penggunaan air bersih yang kurang berjalan dengan baik karena tidak rutinnya pemerintah desa dan stafnya untuk memantau penyediaan air bersih di desa gunung intan.
    Kesimpulan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh pemerintahan desa gunung intan masih kurang berjalan dengan baik, pelaksanaan yang dilakukan oleh pemerintah desa gunung intan masih tidak berjalan secara keseluruhan dan hanya bersifat sementara, dan pengawasan / evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah desa gunung intan cukup berjalan dengan baik dalam penyediaan air bersih tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Muhammad Noor, M.Si & Lutfi Wahyudi, S.Sos,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 02 September 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email