STUDI TENTANG PELAKSANAAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PERTANAHAN DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA BALIKPAPAN (Jubaidah)

October 23, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 23, 2014 @ 10:55 AM
IP: 125.160.65.132

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PELAKSANAAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PERTANAHAN DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA BALIKPAPAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jubaidah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Good Governance, Pelayanan, Pelayanan Pertanahan, Badan Pertanahan Nasional Kota
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan good governance khususnya mengenai pelayanan pertanahan di Kantor Badan Pertanahan Nasional. Dimana dalam penelitian ini akan dibahas mengenai empat prinsip dari Sembilan prinsip-prinsip good governance yang dikemukakan oleh UNDP, yaitu transparansi (mengenai keterbukaan dalam proses pemberian pelayanan), responsivitas (mengenai daya tanggap dan sikap pegawai dalam memberikan pelayanan), efektivitas (mengenai pelayanan yang efektif) dan akuntabilitas (mengenai sikap tanggung jawab dalam memberikan pelayanan). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan good governance dalam dalam pelayanan pertanahan.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kota Balikpapan dan pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan penelitian kepustakaan dan penelitian kelapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini diantaranya adalah Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasioanl, Para Staff/Pegawai dan juga Masyarakat yang memiliki kepentingan di kantor ini. Data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan Analisis Data Kualitatif Model Interaktif dari Miles and Hubberman.
    Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, bahwa Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Balikpapan belum sepenuhnya melaksanakan prinsip-prinsip good governance dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Balikpapan dalam bidang pertanahan. Melalui pengamatan dan analisis yang dilakukan, masih terdapat kendala dalam hal pelaksanaan pemberian pelayanan. Sebagian besar hal ini disebabkan karena kurangnya kedisiplinan pegawai, masih adanya pegawai yang bekerja tidak sesuai dengan aturan yang ada, dan juga berasal dari masyarakatnya yang tidak melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, S.Sos., M.AP & Santi Rande, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 Oktober 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email