KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS DESA TUKUNG RITAN KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (NOVITA INDRIA IRIANTI)

October 29, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 29, 2014 @ 10:41 AM
IP: 36.75.38.174

  • 1. Title [Judul]: KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS DESA TUKUNG RITAN KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: NOVITA INDRIA IRIANTI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan Kesehatan
  • 4. Description [Abstrak] : Novita Indria Irianti, Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Desa Tukung Ritan Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara, Dibawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Desa Tukung Ritan dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh Pihak Puskesmas Desa Tukung Ritan.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan agar dapat memberikan gambaran serta mengungkapkan fakta-fakta di lapangan yang berkaitan dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Desa Tukung Ritan Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan penelitian perpustakaan dan penelitian lapangan. Adapun teknis analisis model interaktif yang merupakan rangkaian proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi data.
    Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Pelayanan kesehatan di Puskesmas Desa Tukung Ritan sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur pelayanan yang ada, tetapi belum sepenuhnya mampu memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga belum dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini, dapat diketahui bahwa dari letak lokasi Puskesmas belum dapat dikatakan strategis, karena letak lokasi Puskesmas yang terlalu jauh dengan pemukiman warga. Begitu pula dengan sikap dan ketepatan waktu petugas masih belum dapat dikatakan baik, karena masih terdapatnya petugas kesehatan yang kurang ramah dan acuh tak acuh saat melayani masyarakat dan juga dalam ketepatan waktu petugas kesehatan masih sering terlambat dalam hal jam kerja, sehingga dapat menghambat dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Pihak Puskesmas juga terkendala pada kurangnya tenaga kesehatan, sarana dan prasarana seperti fasilitas penunjang pelayanan kesehatan (laboratorium dan oksigen) dan obat-obatan yang kurang lengkap, serta kendala teknis seperti listrik yang belum memadai.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si & Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 OKTOBER 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email