Study Tentang Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Di Desa Tideng Pale Timur Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung (Ramli. Y)

November 3, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 3, 2014 @ 3:14 AM
IP: 112.215.36.145

  • 1. Title [Judul]: Study Tentang Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Di Desa Tideng Pale Timur Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ramli. Y
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Pengelolaan, Alokasi Dana Desa (ADD
  • 4. Description [Abstrak] : Ramli. Y, 2014, “Study Tentang Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Di Desa Tideng Pale Timur Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung”. Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana efektivitas pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dilaksanakan di Desa, yaitu dalam proses pengelolaannya apakah sudah didasarkan pada prosedur dan aturan yang berlaku dan apakah prinsip-prinsip pengelolaannya sudah mampu diwujudkan. Karya ilmiah ini berargumentasi bahwa pemerintah desa masih banyak memiliki keterbatasan-keterbatasan dalam rangka pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) secara efektif.
    Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tideng Pale Timur Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan Informan diambil secara purposive sampling.
    Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, secara umum efektivitas pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Tideng Pale Timur masih kurang efektif, hal ini dibuktikan dengan masih adanya kegiatan proses pengelolaan yang belum dilaksanakan pada proses sesuai dengan aturan atau prosedur yang berlaku, yaitu pada proses penyusunan rencana program/kegiatan dan proses pelaksanaannya. Selain itu Pemerintah Desa juga belum mampu mewujudkan prinsip pengelolaan yang Partisipatif, Responsif, dan Akuntabel.
    Temuan penting lainnya adalah teridentifikasinya faktor yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor Pendukungnya adalah masih adanya dukungan masyarakat dalam kegiatan pembangunan melalui partisipasi dalam bentuk gotong-royong dan adanya komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung dalam memperkuat aspek keuangan desa dan melakukan pembinaan maupun pendampingan untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa dalam hal pengelolaan keuangan desa. Faktor penghambat meliputi, rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) aparat Pemerintah Desa dan kurangnya pembinaan maupun pendampingan secara optimal yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung kepada Pemerintah Desa dalam meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa dalam hal pengelolaan keuangan desa.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : . Rita Kalalinggi, M. Si, Eddy Iskandar, S.Sos, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 03112014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

Loading

Print Friendly, PDF & Email