IMPLEMENTASI PELAYANAN E-KTP DI KANTOR CAMAT SANGA SANGA KABUPETEN KUTAI KARTANEGARA (Abdul Rivai)

November 8, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Nov 8, 2014 @ 12:23 PM
IP: 36.75.93.175

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PELAYANAN E-KTP DI KANTOR CAMAT SANGA SANGA KABUPETEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Abdul Rivai
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, E-KTP, Kecamatan Sanga-Sanga
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Pelayanan E- KTP di Kantor Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Fokus penelitian yang ditetapkan.meliputi: Sosialisasi Kebijakan, Pendataan Penduduk (Verifikasi Pendataan, Pemindaian dan Pemotretan), Kesiapan petugas pelaksana dalam memberikan pelayanan, kompetensi petugas dalam memberikan layanan, kesiapan sarana dan prasarana pendukung, dan koordinasi antar petugas pelaksana. Sumber data diambil dari informan dan key informan serta didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari Lakip, dokumen dan arsip lain yang relevan dengan masalaah yang diteliti. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif sebagaimana yang dikembangkan Miles dan Huberman.
    Dari hasil temuan di objek penelitian menunjukkan Implementasi pelayanan e-KTP di Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara telah dilaksanakan sesuai mekanisme yang telah ditentukan, tetapi dalam proses penyelenggaraan pelayanan e-KTP masih dihadapkan oleh berbagai kendala sehingga pelayanan e-KTP secara akumulatif kurang optimal. Hal tersebut dapat diketahui dari sub fokus penelitian yang ditetapkan, bahwa secara aplikatif belum semuanya dapat berjalan efektif. Kurang efektifnya implementasi pelayanan e-KTP di Kecamatan Sangasanga dapat diketahui dari aspek sumber daya manusia (tenaga operator) dan sarana komputer kurang memadai, sehingga sehingga secara aplikatif, balk dalam proses administrasi kependudukan, maupun perekaman data kurang efektif. Disamping itu diperburuk lagi oleh seringnya pemadaman listrik di wilayah tersebut yang mengakibatkan proses pendataan dan perekaman serta pemotretan e-KTP menjadi tertunda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. DB. Paranoan, M.Si dan Dr. H. Jamal Amin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08/11/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email