PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN GUBERNUR PROVINSI KALIMANTAN TIMUR PERIODE TAHUN 2013-2018 DI KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA (Rio Sholihin)

November 13, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Nov 13, 2014 @ 2:30 PM
IP: 36.82.218.125

  • 1. Title [Judul]: PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN GUBERNUR PROVINSI KALIMANTAN TIMUR PERIODE TAHUN 2013-2018 DI KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rio Sholihin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Partisipasi Politik Masyarakat, Pemilihan Gubernur Provinsi
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitain ini adalah : 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan gubernur Provinsi Kalimantan Timur periode 2013-2018 di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan gubernur Provinsi Kalimantan Timur periode 2013-2018 di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan dan menganalisis proses dan bentuk partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan gubernur Provinsi Kalimantan Timur periode 2013-2018 di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda.
    Dari hasil temuan pada objek penelitian yaitu Partisipasi politik masyarakat Kecamatan Sungai Pinang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) terlihat dalam keikutsertaan di partai politik untuk terlibat menjadi anggota partai politik hanya sebesar 31,82%, hal ini menandakan masih sedikitnya masyarakat yang berpartisipasi dalam partai politik., Partisipasi selanjutnya berkaitan dengan keikutsertaan dalam kegiatan kampanye, dengan data yang ada memperlihatkan bahwa hanya sebesar 34,1% masyarakat ikut kegiatan tersebut. Partisipasi pengguaan hak pilih juga sama, menunjukkan angka yang rendah dan mengalami penurunan, pemilihan kepala daerah sebesar 52,27% masyarakat yang datang untuk menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) jadi dapat disimpulkan bahwa Partisipasi politik masyarakat Kecamatan Sungai Pinang masih cukup rendah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS dan Prof. Dr. H. Sutadji, M, Drs, MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13/11/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email