Cara Mengisi Identifier atau Permalink (dgn petunjuk gambar)

February 26, 2013
Filed under: Tips & Tricks 

Ada banyak posting data portal yang salah dalam pengisian Identifier atau Permalink. Ada yang diisi dengan IP komputer, ada yang diisi dengan nama lembaga, ada yang diisi dengan link ke formulir (sehingga ketika diklik oleh pengunjung yang tidak login, akan muncul gambar telapak tangan dengan tulisan STOP!). Sebenarnya, kalau dibaca baik-baik panduannya, semuanya jelas. Namun untuk menghindari kesalahan fatal ini, kiranya perlu dijelaskan lagi dengan petunjuk gambar dalam pengisian Identifier/Permalink, sbb:

TAHAP I (Situs eJournal)
Kunjungi situs eJournal Prodi masing-masing. Isi Formulir eJournal,  dan setelah sukses mengisi, di blok Artikel eJournal Terbaru, link ke data/artikel eJournal anda akan tampil. Lalu yang perlu dilakukan adalah mengklik link di blok Artikel eJournal Terbaru tsb sehingga di browser address akan tampil Identifier atau Permalink. Kemudian, link ini (Identifier/Permalink) di-Copy.

ejournal2
[klik gambar untuk memperbesar]

TAHAP II (Situs Portal Karya Ilmiah – situs ini)
Kunjungi situs Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul (situs ini).
Ketika mengisi Formulir, link Identifier atau Permalink yang dicopy tersebut di atas (lihat Tahap I) kemudian di-Paste di isian no. 9 (Identifier/Permalink). Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut:

portal2
[klik gambar untuk memperbesar]
CARA MENGETAHUI APAKAH IDENTIFIER BENAR ATAU SALAH

Untuk mengetahui apakah link Identifier atau Pemalink itu sudah benar atau tidak, anda bisa mengetesnya dengan langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke situs Portal Karya Ilmiah, lalu klik data portal anda.
Selanjutnya, klik link Identifier atau Permalink seperti gambar di bawah ini:

identifier2
[klik gambar untuk memperbesar]

2. Lihat tampilan setelah Identifier/Permalikn di klik.
Jika link Identifier/Permalink yang dimasukkan itu benar, maka anda akan di bawa ke data artikel eJournal anda (lihat Judulnya yang sama), seperti gambar di bawah ini.

ejournal3
[klik gambar untuk memperbesar]

Jika yang tampil lain, berarti link Identifier atau Permalink-nya SALAH.
Jika salah mengisi Identifier/Permalink, baca di sini.

4,150 total views, 3 views today