IMPLEMENTASI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PERIJINAN SATU PINTU KEPADA MASYARAKAT DI KABUPATEN MALINAU PROVINSI KALIMANTAN UTARA (Carolyn Theresia Widiasanty)

November 21, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Nov 21, 2014 @ 11:56 AM
IP: 36.83.46.98

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PERIJINAN SATU PINTU KEPADA MASYARAKAT DI KABUPATEN MALINAU PROVINSI KALIMANTAN UTARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Carolyn Theresia Widiasanty
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Publik, Kualitas Pelayanan, Perijinan Satu Pintu
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Pelayanan Perijinan Satu Pintu di Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara kemudian untuk mengenetahui faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat implementasi pelayanan Perijinan Satu Pintu di Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara.
    Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif seperti yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1992:20).
    Hasil penelitian menunjukkan hasil yang baik, hal ini terlihat bahwa prosedur pelayanan masih terjadi keterlambatan yang dikarenakan persyaratan yang tidak lengkap dari masyarakat, sedangkan mengenai ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan juga dikarenakan kelengkapan berkas, mengenai sikap petugas termasuk cukup baik, hal ini tercermin dari sikap sopan santun dan ramah tamah, kompetensi petugas sangat memadai karena sebagian besar pegawai berpendidikan sarjana serta mengikuti bimtek sesuai dengan tupoksinya masing-masing sehingga memadai dalam memberikan layanan. Kemudian sarana dan prasarana pendukung pelayanan sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan yang digunakan untuk layanan memadai serta memenuhi harapan penyedia layanan maupun penerima layanan/masyarakat. Sedangkan faktor penghambat : rendahnya pemahaman masyarakat terhadap pengurusan ijin usaha khususnya mengenai persyaratan berkas yang harus dipenuhi dalam proses administrasi sehingga belum optimalnya tertib administrasi di Kabupaten Malinau. Selain itu belum optimalnya pengawasan yang dilakukan petugas dalam melakukan monitoring terhadap warga masyarakat yang memiliki usaha – usaha yang memerlukan perijinan. Faktor pendukung : adanya komitmen Bupati untuk meningkatkan mutu pelayanan dibidang perijinan baik dari segi peningkatan sumber daya manusia maupun fasilitas operasional, sehingga indeks kepuasan masyarakat khsususnya dalam bidang perijinan dapat ditingkatkan. Serta stabilitas ketertiban dan keamanan yang kondusif di wilayah Kabupaten Malinau yang memungkinkan semakin meningkatnya iklim investasi ke daerah ini.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. DB. Paranoan, M.Si dan Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21/11/2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email