PERAN KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PENDIDIKAN DALAM PELAKSANAAN PENGUMPULAN DATA SEKOLAH DI KECAMATAN MUARA BENGKAL KABUPATEN KUTAI TIMUR (ERIEVCA HADI .S)

December 1, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 1, 2014 @ 10:09 AM
IP: 36.75.36.5

  • 1. Title [Judul]: PERAN KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PENDIDIKAN DALAM PELAKSANAAN PENGUMPULAN DATA SEKOLAH DI KECAMATAN MUARA BENGKAL KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: ERIEVCA HADI .S
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan,Data Sekolah
  • 4. Description [Abstrak] : Peran Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Dalam Pelaksanaan Pengumpulan Data Sekolah di Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur, di bawah bimbingan Bapak Drs. MZ. Arifin, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dini Zulfiani, S.Sos selaku pembimbing II.
    Dalam pelaksanaan pengumpulan data sekolah di Kecamatan Muara Bengkal terdapat beberapa permasalahan yaitu data sekolah kurang lengkap dan akurat, keterlambatan pengumpulan data sekolah di UPT Pendidikan serta masih kurangnya informasi mengenai pengumpulan data sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan dalam pelaksanaan pengumpulan data sekolah dengan fokus penelitian yang dilihat dari membantu Kepala Dinas dalam mengkoordinir penyelenggaraan pendidikan, merencanakan, mengkoordinir, mengawasi dan mengendalikan semua kegiatan UPT Pendidikan.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, sumber data diperoleh dari dua sumber yaitu data primer melalui wawancara langsung dengan responden dan data sekunder melalui media perantara arsip dan dokumen. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling yaitu informan yang dianggap mengerti dalam memberikan informasi.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Dalam Pelaksanaan Pengumpulan Data Sekolah di Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur secara umum sudah baik, namun masih perlu adanya peningkatan agar pelaksanaan pengumpulan data sekolah dapat berjalan dengan lancar. Penempatan pegawai administrasi belum sepenuhnya sesuai dengan standar pendidikan yang diutamakan, masih ada pihak sekolah yang belum dapat membagi waktu antara kegiatan sekolah yang lain dengan membuat laporan bulanannya, kesulitan melakukan komunikasi, jarak tempuh yang cukup jauh, kurangnya tenaga administrasi serta masih kurangnya kompetensi dan kemampuan pihak sekolah dalam mengoperasikan komputer.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. MZ. Arifin, M.Si & Dini Zulfiani, S.Sos
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 01 Desember 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email