PERILAKU SOSIAL PENGGUNA MINUMAN KERAS DI KELURAHAN SUNGAI DAMA KOTA SAMARINDA (AGUNG SANJAYA)

February 9, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 9, 2015 @ 11:28 AM
IP: 180.246.137.89

  • 1. Title [Judul]: PERILAKU SOSIAL PENGGUNA MINUMAN KERAS DI KELURAHAN SUNGAI DAMA KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: AGUNG SANJAYA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perilaku pengguna minuman keras, Faktor-faktor minuman keras
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku sosial pengguna minuman keras yang dikaitkan dengan norma-norma sosial di Kelurahan Sungai Dama Kota Samarinda. Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menggantikan generasi-generasi terdahulu dengan kualitas kinerja dan mental yang lebih baik. Perubahan perilaku pada remaja dan orang dewasa akhir-akhir ini antara lain adalah menerima begitu saja berbagai bentuk pergaulan tanpa ada proses filterisasi atau penyaringan terlebih dahulu mengenai mana pengaruh pergaulan yang baik dan mana pengaruh pergaulan yang buruk, salah satunya adalah kebiasaan mengkonsumsi minuman keras. Perilaku pengguna minuman keras merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang, karena perilaku ini telah melenceng jauh dari norma-norma dan kehadirannya tidak diharapkan dalam kehidupan masyarakat. Begitu pula yang terjadi di Kelurahan Sungai Dama Kota Samarinda, di mana remaja-remaja bahkan orang dewasa pun banyak yang mengkonsumsi minuman keras. Mereka mengkonsumsi minuman keras biasanya di dalam gang, warung pinggir jalan, pinggir sungai, dan tempat tongkrongan.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif dengan fokus bentuk-bentuk perilaku pengguna minuman keras dan Faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang menggunakan minuman keras di Kelurahan Sungai Dama Kota Samarinda. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan di dukung dengan data sekunder yang ada. Untuk memudahkan dalam pengumpulan data, maka peneliti menggunakan alat bantu berupa catatan lapangan maupun foto dan pedoman wawancara .data yang terkumpul dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif.
    Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa bentuk-bentuk perilaku pengguna minuman keras sangat beragam yaitu meliputi pencurian, free sex (seks bebas), pemalakan, dan tawuran/perkelehian, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang menggunakan minuman keras antara lain, meliputi pengangguran, pergaulan bebas, dan kenikmatan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Sutadji, MM & Ifan Luthfian Noor, S. Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 09 Februari 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email