ANALISIS ISI KEKERASAN VERBAL PADA TAYANGAN PESBUKERS DI ANTV (Syarif Ady Putra)

February 27, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 27, 2015 @ 11:17 AM
IP: 110.139.9.144

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS ISI KEKERASAN VERBAL PADA TAYANGAN PESBUKERS DI ANTV
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Syarif Ady Putra
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis Isi, Kekerasan Verbal, Tayangan ‘Pesbukers’.
  • 4. Description [Abstrak] : Ketatnya persaingan mendorong stasiun televisi untuk menyuguhkan program acara yang sensasional dengan mengeksploitasi siaran_siaran yang mengandung unsur kekerasan. Pesbukers adalah program komedi terfavorit tahun 2013 dan 2014 pada ajang Panasonic Gobel Award (PGA) yang didalamnya banyak menggunakan kekerasan verbal untuk membuat penontonnya tertawa.
    Rumusan masalahnya yaitu berapa banyak frekuensi kemunculan kekerasan verbal yang muncul dalam program Komedi Pesbukers selama periode bulan September 2014.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui frekuensi kekerasan verbal yang terdapat pada program komedi Pesbukers. Analisa dilakukan terhadap 1.396 tayangan Pesbukers pada tanggal 1 sampai 30 September 2014, dengan menggunakan lima kategori kekerasan yaitu: asosiasi pada binatang, umpatan, hiperbol, eufimisme dan kekerasan verbal secara disfemisme. Ruang lingkup penelitian ini adalah seluruh kata-kata atau kalimat yang termasuk dalam kategori kekeraan verbal yang telah dikategorikan Penelitian ini menggunakan metode analisis isi deskriptif (content analysis) yaitu suatu metode yang meneliti isi komunikasi untuk dideskripsikan secara nyata, sistematis, kuantitatif dan obyektif.
    Dari hasil penelitian terdapat 1.396 pola komunikasi yang termasuk kekerasan verbal, yang mencapai 1.394 jumlah frekuensi kesepakatan, yang terdiri dari lima kategorisasi. Kekerasan verbal didominasi oleh kategori dengan cara umpatan sebanyak 679 kali kemunculan atau 48,63%, sedangkan kekerasan dengan cara disfemisme 193 kali kemunculan atau 13,82% menempati urutan kedua. Kekerasan dengan cara eufimisme sebanyak 191 kali kemunculan atau 13,68%, untuk urutan keempat kekerasan verbal dengan kategori asosiasi binatang sebanyak 184 kali kemunculan atau 13,18%, untuk urutan kelima ditempati oleh kekerasan verbal secara hiperbol sebanyak 149 kali kemunculan atau 10,67%.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Inda Fitryarini, S.Sos., M.Si & Diah Rahayu, S.Psi., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 27 Februari 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email