PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL LURAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PENDATANG PADA PROGRAM HIJAU BERSIH SEHAT (HBS) DI KELURAHAAN SIDOMULYO KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA (Rizkillah Adha)

March 2, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 2, 2015 @ 11:50 AM
IP: 36.75.93.47

  • 1. Title [Judul]: PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL LURAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PENDATANG PADA PROGRAM HIJAU BERSIH SEHAT (HBS) DI KELURAHAAN SIDOMULYO KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizkillah Adha
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Komunikasi, Lurah, Partisipasi, Masyarakat, Hijau, Bersih dan Sehat (HBS)
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran komunikasi lurah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pendatang pada program Hijau, Bersih dan Sehat (HBS) dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran komunikasi lurah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pendatang pada program Hijau, Bersih dan Sehat (HBS) di Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Fokus penelitian yaitu penyampaian pesan pemberian respon atau tanggapan dan menjawab pertanyaan dan masukkan dari komunikan.
    Hasil penelitian yaitu penyampaian pesan oleh lurah melalui koordinasi dengan ketua RT dalam bentuk musyawarah dan rapat, penyampaian pentingnya program Hijau, Bersih dan Sehat (HBS) dan perencanaan yang akan dilakukan secara langsung ke masyarakat baik melalui penyuluhan maupun tatap muka langsung dengan masyarakat, pemberian motivasi dalam bentuk pengadaan pot dan lomba program Hijau, Bersih dan Sehat (HBS) serta mengadakan gotong royong satu bulan sekali. Lurah setiap bulannya memberikan respon atau tanggapan terhadap program Hijau, Bersih dan Sehat (HBS) yang dilakukan masyarakat. Lurah selalu menjawab pertanyan dan masukkan dari masyarakat mengenai program Hijau, Bersih dan Sehat (HBS). Agar masyarakat lebih mengerti dan berpartisipasi pada program Hijau, Bersih dan Sehat (HBS) tersebut.
    Kesimpulan penyampaian pesan lurah sudah sangat efektif. Pemberian respon atau tanggapan lurah pada program Hijau, Bersih dan Sehat (HBS) dalam bentuk pemahaman, dukungan, analisis dan penilaian. Serta Lurah menjawab pertanyan dan masukkan dari masyarakat mengenai program Hijau, Bersih dan Sehat (HBS).
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anthonius Margono, M.Si & Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 02 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email