ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN BAKSO OPLOSAN PADA PORTAL BERITA REPUBLIKA ONLINE DAN KOMPAS.COM (Sonata Batoan Sehaputra Manurung)

March 2, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 2, 2015 @ 5:32 PM
IP: 36.75.93.47

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN BAKSO OPLOSAN PADA PORTAL BERITA REPUBLIKA ONLINE DAN KOMPAS.COM
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sonata Batoan Sehaputra Manurung
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis Framing, pemberitaan media online
  • 4. Description [Abstrak] : Republika Online dan Kompas.com merupakan dua contoh portal berita online yang intens meliput peristiwa bakso oplosan di tahun 2012. Meskipun peristiwa yang diliput sama, namun nampak banyak perbedaan di antara kedua media dalam mengonstruksi pemberitannya.
    Rumusan masalahnya yaitu bagaimana perbedaan portal berita Republika Online dan Kompas.com mengkonstruksi (framing) pemberitaan bakso oplosan. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelian kualitatif deskriptif dengan metode analisis framing, yaitu metode analisis isi teks yang digunakan untuk mengetahui bagaimana media massa mengonstruksi suatu peristiwa ke dalam sebuah pemberitaan, yang mana di dalam penelitian ini menggunakan model analisis framing Pan dan Kosicki dengan indikator penelitian yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Data yang dikumpulkan melalui kliping berita, buku-buku teks, internet, serta dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian ini.
    Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ideologi media memberikan dampak berbeda pada masing-masing media. Di dalam memberitakan peristiwa, subjektivitas pemberitaan tetap tidak dapat dihindari oleh kedua media. Namun, Kompas.com nampak lebih berusaha untuk tetap menunjukkan objektivitas dan lebih menjunjung tinggi etika jurnalisme daripada Republika Online.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Hartutiningsih, M.S & Nurliah, S.Sos., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 02 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email