STUDI TENTANG KONFLIK INTERNAL PARTAI KEBANGKITAN BANGSA MENJELANG PEMILU 2009 DAN STRATEGINYA DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN SUARA PADA PEMILU 2014 DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR (Suriansyah)

March 28, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 28, 2015 @ 11:19 AM
IP: 36.75.46.70

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG KONFLIK INTERNAL PARTAI KEBANGKITAN BANGSA MENJELANG PEMILU 2009 DAN STRATEGINYA DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN SUARA PADA PEMILU 2014 DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Suriansyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: konflik internal, PKB Kaltim, dampak, strategi dan upaya
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai konflik internal di PKB Kaltim terutama hal-hal yang berkaitan dengan proses munculnya konflik internal dalam tubuh PKB Kaltim, dampak atau akibat dari konflik yang terjadi di internal PKB Kaltim menjelang pemilu 2009, strategi dan upaya PKB Kaltim dalam meningkatkan perolehan suara pada pemilu 2014.
    Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model siklikal.
    Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa konflik internal di PKB Kaltim merupakan imbas dari konflik di pusat. Konflik itu sendiri melibatkan dua kubu yaitu kubu Ipong (Gus Dur) dan kubu Syafruddin (Muhaimin). PKB Kaltim mengalami berbagai hal diantaranya perpecahan internal, rusaknya citra partai dan penurunan perolehan suara yang cukup drastis pada pemilu 2009 sebagai dampak dari konflik internal. Dalam menghadapi pemilu 2014 PKB Kaltim telah mempersiapkan strategi dan upaya politik yang matang. Upaya yang dilakukan oleh PKB Kaltim ialah memperkuat konsolidasi struktural, terus memperjuangkan PKB sebagai partai advokasi, terus merawat dan mengembangkan basis masa melalui rekrutmen, melakukan pendekatan kembali ke basis masa PKB yaitu pesantren. Sedangkan strateginya ialah, memperkuat barisan anak muda dan memperkuat komunikasi histori dan kultural dengan NU, mekanisme penyusunan dan penjaringan caleg yang tepat dan baik, kampanye dengan pendekatan yang door to door dengan turun langsung ke masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, M.A & Budiman, S.IP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email