IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OTONOMI DESA DI DESA PILANJAU KECAMATAN SAMBALIUNG KABUPATEN BERAU (Eka Rini Lestari)

April 8, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 8, 2015 @ 4:21 PM
IP: 180.248.66.18

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OTONOMI DESA DI DESA PILANJAU KECAMATAN SAMBALIUNG KABUPATEN BERAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Eka Rini Lestari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi Kebijakan, Otonomi Desa
  • 4. Description [Abstrak] : Implementasi Kebijakan Otonomi Desa di Desa Pilanjau Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau. Bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani, M.Si selaku dosen Pembimbing I dan Bapak Drs. H. Hamdan, M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan otonomi desa di Desa Pilanjau Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi kebijakan otonomi desa di Desa Pilanjau Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau.
    Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini terdirii atas Key Informan dan informan yang dipilih melalui metode Purposive SamplinTeknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Kesimpulan dari penelitian ini bahwa implementasi otonomi di Desa Pilanjau sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku namun belum berjalan dengan baik, karena masih banyak aspirasi masyarakat desa yang hanya ditampung dan belum tersalurkan dalam perencanaan pembangunan desa secara baik oleh aparatur desa yang pemahamannya akan tugas pokok dan fungsi sebagai aparatur pemerintah belum memadai walaupun tingkat pendidikan formalnya cukup baik. Kemudian faktor pendukung dalam implementasi kebijakan otonomi Desa Pilanjau adalah sumberdaya manusia dalam bidang pendidikan, dan koordinasi, serta kerjasama perangkat desa dan lembaga-lembaga organisasi di desa, begitu juga dengan partisipasi masyarakat setempat dalam hal pembangunan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah tidak tepatnya waktu pencairan dana dan beberapa aparatur desa yang kurang aktif
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, M.Si & Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 8 April 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email