EVALUASI PERATURAN DAERAH NOMOR 02 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA SAMARINDA (La Uje)

April 15, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: ,
On: Apr 15, 2015 @ 11:45 AM
IP: 36.83.36.228

  • 1. Title [Judul]: EVALUASI PERATURAN DAERAH NOMOR 02 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: La Uje
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Evaluasi ,Pengelolaan Sampah di Kota Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi Peraturan Daerah No.02 Tahun 2011 tentang pengelolaan Sampah di Kota Samarinda, untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam mendukung kebijakan Pemerintah Kota Samarinda dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, aman dan nyaman dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung evaluasi Peraturan Daerah No.02 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Samarinda.
    Jenis penelitian termasuk deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda didukung dengan situs penelitian di empat Kecamatan yaitu Kecamatan Samarinda Kota, Smaarinda Ilir, Samarinda Utara dan Sungai Kunjang. Data primer berasal dari wawancara dengan informan terpilih, juga dari pengamatan langsung di lokasi penelitian. Sedangkan data sekunder berasal dari data yang dimiliki oleh instansi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Interaktif yang dikembangkan Miles, Huberman, dan Saldana, (2014 : 33).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara aplikatif pengelolaan sampah di Kota Samarinda telah sesuai dengan sistem pengelolaan sampah yang diatur melalui Perda Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah, namun belum optimal mencapai yang diharapkan. Hal-hal yang menyebabkan belum optimal dalam pengelolaan sampah di Kota Samarinda antara lain berkenaan dengan keberadaan TPS yang kurang sesuai lokasinya; armada pengangkut sampah kurang memadai; tidak diaturnya kewenangan untuk pengawasan/pemantauan bagi Camat dan Lurah; kurang dikembangkannya kerjasama dengan pelaku usaha dalam mendukung pengelolaan sampah; keberadaan TPA di Bukit Pinang sangat dekat dengan areal pemukiman, sehingga rentan mempengaruhi kondisi kesehatan warga serta komplain atas kegiatan pengolahan sampah; Penetapan sanksi bagi pelanggar kurang efektif dalam menekan angka pelanggaran. Tingkat partisipasi masyarakat masih rendah dalam mendukung pengelolaan sampah; juga dalam menjaga kebersihan lingkungan; masih adanya warga masyarakat yang membuang sampah di luar waktu yang ditetapkan; dan warga tidak memilah sampah sebelum dibuang ke TPS. Adapun faktor mendukung pengelolaan sampah di Kota Samarinda antara lain : UU Nomor 32 dan 33 Tahun 2004, tentang Pemerintahan daerah dan dana Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah; UU Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah; Kuatnya komitmen kepala Dinas dan Pimpinan vertikal pemerintah kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.Si dan Dr. Enos Paselle, M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 14/4/2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email