ANALISIS FILM “HIJRAH CINTA” DALAM MENGUNGKAP PERILAKU MENYIMPANG KARAKTER TOKOH UTAMA (Noviani)

April 17, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 17, 2015 @ 4:23 PM
IP: 180.248.82.42

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS FILM “HIJRAH CINTA” DALAM MENGUNGKAP PERILAKU MENYIMPANG KARAKTER TOKOH UTAMA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Noviani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis Semiotika, Film“Hijrah Cinta” , Perilaku Menyimpang
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Noviani, 1102055139, Analisis Film Hijrah Cinta Dalam Mengungkap Perilaku Menyimpang Karakter Tokoh Utama dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Ibu Nurliah S.Sos. M. Ikom.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui makna, ikon, indeks, dan simbol dalam analisis film Hijrah Cinta dalam mengungkap karakter tokoh utama. Menggunakan analisis semiotika dalam model Charles Sanders Pierce.
    Fokus penelitian yang ditetapkan mengenai analsisis film Hijrah Cinta dalam mengungkap perilaku menyimpang karakter tokoh utama, adalah: Makna tanda-tanda yang terkandung di dalam Film Hijrah Cinta, yang sesuai dengan konsep Peirce diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yakni: a) Ikon, yaitu tanda yang memiliki ‘kemiripan’ rupa dengan objeknya. b) Indeks, yaitu tanda yang memiliki keterkaitan fenomenal atau eksistensi dengan objeknya. c) Simbol, yaitu jenis tanda yang bersifat arbitrer atau konvensional sesuai kesepakatan atau konvensi sejumlah orang atau masyarakat. Teknik pengumpulan data berupa data primer dan sekunder. Data primer berupa observasi, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh langsung dengan dokumentasi berupa video yang sudah di unggah atau di download melalui youtube. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi, yaitu mencari data mengenai data mengenai hal-hal yang berkaitan dengan film ‘Hijrah Cinta” melalui internet dan buku yang berkaitan.
    Adapun teknik analisis data Setelah data primer dan sekunder terkumpul, dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sander Peirce. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Filling System.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam idris, M.Si & Nurliah, S.Sos. M.I.kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 April 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email