Perencanaan Komunikasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Balikpapan Dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kepada Masyarakat Kota Balikpapan (Sekar Komariah)

April 29, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Apr 29, 2015 @ 11:45 AM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: Perencanaan Komunikasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Balikpapan Dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kepada Masyarakat Kota Balikpapan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sekar Komariah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perencanaan Komunikasi, BPJS, Sosialisasi
  • 4. Description [Abstrak] :     Sekar Komariah, 1102055231, Perencanaan Komunikasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Balikpapan Dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kepada Masyarakat Kota Balikpapan, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Abdullah Karim, M.S selaku pembimbing I dan Ibu Annisa Wahyuni Arsyad, S.Ip. M.M selaku pembimbing II. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
        Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti berusaha untuk mendeskripsikan dan menganalisis objek yang diteliti berdasarkan fakta di lapangan dengan menggunkan informan sebagai sumber data. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara kepada kepala unit kepesertaan dan pelayanan peserta dan staf BPJS Kota Balikpapan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2014 sampai bulan Februari 2015.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan komunikasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Balikpapan dalam mensosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat Kota Balikpapan. Fokus dalam penelitian ini meliputi analisis khalayak, penentuan tujuan, pemilihan media, rancangan pesan, evaluasi program. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam perencanaan komunikasi BPJS kota Balikpapan membuat perencanaan setiap satu tahun sekali. Oleh karena itu maka dapat diketahui dari segi analisis khlayak BPJS kota Balikpapan mengkategorikan khlayak menjadi dua yaitu perserta penerima bantuan iuran dan bukan peserta penerima bantuan iuran, dari segi penentuan tujuan BPJS Kota Balikpapan menjalankna visi dan misi yang telah dibuat, dari segi pemilihan media BPJS Kota balikpapan memilih komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi bermedia,dari segi rancangan pesan BPJS Kota Balikpapan dalam sosialisasi pesan yang disampaikan berupa ajakan untuk menjadi peserta JKN, dari segi evaluasi program BPJS Kota Balikpapan mengevaluasi program yang dijalankan setiap satu tahun sekali. Perencanaan komunikasi ini ditujukan untuk merumuskan langkah-lanngkah agar program Jaminan Kesehatan Nasional dapat mencapai tujuan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M.S & Annisa Wahyuni Arsyad, S.Ip. M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 April 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email