PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA MALINAU KOTA KECAMATAN MALINAU (RUMAYAH)

April 30, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 30, 2015 @ 11:54 AM
IP: 202.67.38.17

  • 1. Title [Judul]: PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA MALINAU KOTA KECAMATAN MALINAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: RUMAYAH
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelaksanaan program, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Malinau Kota.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pelaksanaan Program Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Malinau Kota Kecamatan Malinau serta mengidentifikasi faktor – faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Malinau Kota Kecamatan Malinau.
    Penelitian ini dilaksanakan di Desa Malinau Kota Kecamatan Malinau. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan berupa observasi, wawancara mendalam dan penelitian dokumen. Narasumber dari penelitian ini adalah Ketua Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Malinau Kota, Sekertaris Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Malinau Kota, dan Pokok Kerja (Pokja) II. Data-data yang diperoleh dan dikumpulkan, dibandingkan, dianalisis dengan analisis kualitatif.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Malinau Kota belum bisa dilaksanakan dengan maksimal. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya keaktifan dari pengurus Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Malinau Kota, dana yang diberikan dan luasnya daerah yang dinaungi oleh Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Malinau Kota. Temuan lainnya adalah Faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bahwa adanya pendapat yang berbeda yang dikemukan oleh masing-masing kedua belah pihak. Namun, dapat diketahui bahwa Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa Malinau Kota memiliki beberapa faktor pendukung yaitu adanya partisipasi dalam kegiatan yang dia adakan oleh Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) seperti kegiatan melaksanakan dan mengembangkan BKB. Sedangkan faktor penghambat yang dimiliki oleh Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa Malinau Kota yaitu Kurangnya keaktifan dari pengurus, luasnya daerah yang dinaungi, Keterbatasan dana, dan masih kurangnya kepercayaan masyarakat desa kepada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa Malinau Kota untuk kegiatan dibidang pengetahuan dan keterampilan serta pengembangan berkehidupan berkoperasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si 2. Dr. Rita Kalalinggi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30 April 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Dokumen

Loading

Print Friendly, PDF & Email