STUDI TENTANG PERAN LURAH DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI KELURAHAN SEMPAJA UTARA (salasiah)

May 20, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: , salasiah
On: May 20, 2015 @ 2:26 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PERAN LURAH DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI KELURAHAN SEMPAJA UTARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: salasiah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Lurah, Pembangunan
  • 4. Description [Abstrak] : Studi Tentang Peran Lurah dalam Pelaksanaan Pembangunan di Kelurahan Sempaja Utara di bawah bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Santi Rande, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran Lurah dalam pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Sempaja Utara dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Kelurahan Sempaja Utara terhadap peran Lurah dalam pelaksanaan pembangunan tersebut.
    Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam Studi tentang peran Lurah dalam pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Sempaja Utara adalah Peran Lurah sebagai penentu arah, juru bicara, komunikator, mediator dan intgerator serta faktor pendukung dan penghambat peran Lurah dalam pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Sempaja Utara. Sumber data yaitu Sekertaris Kelurahan Semapaja Utara dan Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Sempaja Utara selaku Key-informan dan Staf di Kantor Kelurahan Sempaja Utara,Ketua Organisasi LPM, Ketua RT dan warga Kelurahan Sempaja Utara selaku Informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Work Research) dengan teknik: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu alat analisis data model interaktif.
    Kesimpulan dari Studi tentang peran Lurah dalam pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Sempaja Utara yaitu peran Lurah sudah cukup baik dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin. Walaupun begitu disisi lain terkait masalah yang sering terjadi di Kelurahan Sempaja Utara mengenai masalah sengketa tanah dalam hal ini Lurah perlu akomodasi yaitu membicarakan masalah tersebut dengan pihak yang bersangkutan kemudian mencari solusi yang terbaik dalam menangani permasalahan yang ada dan tetap berusaha kedepannya pembangunan di Kelurahan Sempaja Utara akan lebih baik. Selain itu faktor penghambat dalam pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Sempaja Utara, dalam meningkatkan pembangunan diperlukan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung pelayanan umum kepada masyarakat sehingga pembangunan di Kelurahan Sempaja Utara dapat maju sama dengan kelurahan lainnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si dan Dr. Santi Rande, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 Mei 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email