IDENTIFIKASI GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT DIKANTOR KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT (Achmad )

July 13, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 13, 2015 @ 11:13 AM
IP: 180.248.65.250

  • 1. Title [Judul]: IDENTIFIKASI GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT DIKANTOR KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Achmad
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kepemimpinan, Gaya kepemimpinan, Camat
  • 4. Description [Abstrak] : Metode dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Gaya Kepemimpinan Camat di Kantor Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Fokus penelitian adalah gaya pengambilan keputusan, hubungan antara atasan dengan bawahan dan orientasi pemenuhan kebutuhan bawahan, tekhnik pengumpulan data dengan cara library research dan filed work research yaitu observasi melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan, wawancara mengajukan sejumlah pertanyaan kepada pihak yang terkait yaitu informan dan dokumentasi dokumen yang berkaitan dengan penelitian serta foto-foto selama penelitian berlangsung. Sumber data diperoleh melalui pengamatan langsung kelokasi penelitian dan mengadakan wawancara langsung kepada key informan dalam penelitian ini adalah Camat Linggang bigung, Sekcam, kassubag umum, kassubag perencananaan program dan keuangan, kasi pemerintahan, kasi pelayanan umum, kasi pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan kampung, dan staf pegawai di Kecamatan Linggang Bigung. Analisis data model interaktif yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan Camat Linggang Bigung dalam perspektif pengambilan keputusan, pemeliharaan hubungan antara atasan dengan bawahan dan orientasi pemenuhan kebutuhan para bawahan lebih dominan menggunakan gaya kepemimpinan otokratik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Resmawan, M.Si dan Dr. Anwar Alaydrus, M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Ejournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email