PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PDAM TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI WILAYAH KELURAHAN SUNGAI PINANG DALAM KECAMATAN SUNGAI PINANG (Agustina Putri Anandar)

August 21, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Anandar, Agustina Putri
On: Aug 21, 2015 @ 7:57 PM
IP: 36.83.46.218

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PDAM TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI WILAYAH KELURAHAN SUNGAI PINANG DALAM KECAMATAN SUNGAI PINANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Agustina Putri Anandar
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Product Momen,Regresi Linier Sederhana
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda Terhadap Kepuasan Pelanggan di wilayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan di Wialayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang.
    Adapun definisi operasional dalam penelitian ini adalah pada kualitas pelayanan diukur melalui indikator Tangibles, Realibility, Renponsivness, Assurance, Empathy. Selanjutnya pada kepuasan pelanggan diukur melalui indikator kebersihan, harga (tarif), kelengkapan sarana dan prasarana, dan keamanan. Populasi yang digunakan pada penelitian sebanyak 100 orang masyarakat di wilayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuatitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis dan pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa kedua variabel yakni kualitas pelayanan (x) dan kepuasan pelanggan (y) memperoleh nilai Rhitung sebesar 12,55 sedangkan nilai Rtabel untuk jumlah responden 100 adalah sebesar 0,23 dengan tingkat α = 0,05 untuk tes dua sisi. Sehingga jika diamati akan terlihat bahwa nilai Rhitung lebih besar dari nilai Rtabel yaitu = 12,55 > 0,23.
    Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan di wilayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Dr. H. Syahrani, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email