Konformitas dan Identitas Sosial Pemuda Dayak Kenyah Yang Bertato di Samarinda (Wisnu Bramantya)

August 21, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 21, 2015 @ 11:14 PM
IP: 36.83.42.57

  • 1. Title [Judul]: Konformitas dan Identitas Sosial Pemuda Dayak Kenyah Yang Bertato di Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Wisnu Bramantya
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: konformitas, identitas sosial
  • 4. Description [Abstrak] : Tato adalah suatu produk dari kegiatan menggambar pada kulit tubuh dengan menggunakan alat sejenis jarum atau benda dipertajam yang terbuat dari flora. Gambar tersebut dihias dengan pigmen berwarna-warni. Rajah merupakan praktik yang ditemukan hampir di semua tempat dengan fungsi sesuai dengan adat setempat. Rajah dulu sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penanda wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorang.tato tergolong pada salah satu motivasi utama pada masyarakat tradisional pedalaman yaitu tato merupakan pertanda atau batas seseorang dalam melewati masa-masa krisis dalam kehidupan, seperti kematian, kelahiran, pernikahan, dan memasuki masa-masa dewasa. Disamping itu, terdapat juga motivasi tato sebagai alat pertahanan baik dari serangan musuh maupun gangguan makhluk halus, tato merupakan ungkapan keberanian dan maskulinitas di kalangan laki-laki.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konformitas dan identitas sosial pada pemuda dayak Kenyah yan bertato di samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik snowball sampling yaitu dengan mencari informan kunci. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga informan kunci. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebudayaan tato yang menjadi identitas sosial suku dayak kenyah masih belum bisa diterima oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat awam menilai bahwa kesenian merajah tubuh atau tato adalah tindakan yang menyimpang dan selalu mengarah ke tindakan kriminal atau negatif. Kurangnya pemahaman masyarakat akan warisan budaya daerah ini membuat ketiga subjek mendapatkan perlakuan khusus di lingkungan barunya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Badruddin Nasir, M.Si dan Lisda Sofia, S.Psi., M.Psi.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21 Agustus 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email