KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA (Rina Agustina)

August 25, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2015 @ 11:23 AM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rina Agustina
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci: Pelayanan publik, Akta Kelahiran, SOP.
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Rina Agustina, Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Drs. H.M. Guntharriady M.Si selaku pembimbing 1 dan Ibu Dra. Ida Wahyuni M.Si selaku pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas Pelayanan pembuatan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Samarinda serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat terlaksananya pelayanan pembuatan Akta Kelahiran yang berkualitas di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Samarinda.
    Metode Penelitian dilakukan dengan cara Library Research Studi kepustakaan, yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan buku-buku, dokumen yang terdapat di perpustakaan. Field Work Research Studi lapangan, yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dengan melihat dokumen yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Samarinda, khususnya mengenai pembuatan akta kelahiran.
    Kesimpulan menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda telah berjalan dengan baik, hal ini terlihat dari prosedur yang dilakukan oleh petugas telah mengikuti standar yang telah ditetapkan dan telah melakukan sosialisasi melalui brosur dan banner kepada masyarakat. Faktor pendukung, yakni kondisi peralatan yang telah didukung oleh sistem komputerisasi dan jaringan, serta SDM yang handal. Sedangkan Faktor penghambat yakni kecenderungan masyarakat yang tidak menyiapkan berkas secara lengkap sehingga pembuatan akta tidak dapat diproses, serta perbedaan identitas dari dokumen pendukungnya, sehingga harus di validasi terlebih dahulu. Kantor Disdukcapil Kota Samarinda telah melakukan inovasi dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran, dimana saat ini telah menyediakan loket khusus pembuatan akta kelahiran di Rumah Sakit IA Moeis bagi penduduk Samarinda, sehingga setiap bayi yang baru lahir dapat langsung mengurus akta kelahiran.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs.H.M.Gunthar Riady, MSi , Dra.Hj. Ida Wahyuni, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

Loading

Print Friendly, PDF & Email