HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KARANG ASAM ULU KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA (Abu Bakar Hasyim)

August 28, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 28, 2015 @ 3:29 PM
IP: 146.185.31.214

  • 1. Title [Judul]: HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KARANG ASAM ULU KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Abu Bakar Hasyim
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, dan Korelasi Rank Spearman.
  • 4. Description [Abstrak] : Abu Bakar Hasyim, program studi Ilmu Pemerintahan, Jurusan Ilmu Asministrasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda. Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Karang Asam Ulu Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S sebagai pembimbing I dan Bapak Lutfi Wahyudi, S.Sos, M.Si sebagai pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Karang Asam Ulu Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.
    Adapun definisi operasional dalam penelitian ini adalah pada Kualitas Pelayanan diukur melalui indikator bukti langsung atau berwujud, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Selanjutnya pada kepuasan masyarakat melalui indikator persyaratan, produksi, waktu pelayanan, biaya/tarif, kompetensi pelaksana dan perilaku pelaksana. Populasi yang digunakan pada penelitian sebanyak 99 orang di Kelurahan Karang Asam Ulu. Jenis penelitian ini adalah asosiatif atau hubungan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan ukuran korelasi Ranking Spearman.
    Berdasarkan analisis dan pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa kedua variabel yakni kualitas pelayanan (x) dan kepuasan masyarakat (y) memperoleh nilai empiris sebesar 0,645 sedangkan harga rs tabel untuk jumlah responden 99 adalah sebesar 0,198 dengan tingkat α = 0,05 untuk tes dua sisi. Sehingga jika diamati akan terlihat bahwa harga rs empiris lebih besar dari hargs rs tabel yaitu = 0,645 > 0,198
    Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima H0 ditolak, artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat di Kelurahan Karang Asam Ulu Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S & Lutfi Wahyudi, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Agustus 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email