PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PERBATASAN DESA NAWANG BARU OLEH BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (BPMD) DI KABUPATEN MALINAU (Franklin)

September 8, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 8, 2015 @ 9:00 AM
IP: 180.248.253.33

  • 1. Title [Judul]: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PERBATASAN DESA NAWANG BARU OLEH BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (BPMD) DI KABUPATEN MALINAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Franklin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pemberdayaan, BPMD Kabupaten Malinau
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pemberdayaan Masyarakat Perbatasan Desa Nawang Baru oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) di Kabupaten Malinau.Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan gambaran keadaan yang terjadi dilapangan.
    Penelitian ini dilaksanakan di kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Malinau dan Desa Nawang Baru . Sumber data diperoleh dengan menggunakan metode Purposive Sampling dan Snow Ball dimana yang menjadi Key Infomant adalah Kepala BPMD, Sekertaris BPMD, Kepala Desa Nawang Baru, Ketua adat dan Masyarakat Desa Nawang Baru serta pihak-pihak yang berkaitan tentang penilitian sebagai informan.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Pendekatan Pemberdayaan dengan indikator Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, Pemeliharaan sudah berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa hal yang mesti diperbaiki lagi agar pemberdayaan yang dilaksanakan bisa mendapatkan hasil yang baik dalam pelaksanaan pemberdayaan. Berbagai Upaya dilakukan oleh Kepala Desa dan BPMD untuk tetap menjalankan Pemberdayaan yang baik. Dengan demikian dari hasil tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa indikator-indikator Pemberdayaan yang dilakukan BPMD dengan Kepala Desa Nawang Baru sudah berjalan dengan baik dan harus ditingkatkan lagi agar pemberdayaan yang dilaksanakan dapat dirasakan semua masyarakat secara merata dengan baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rita Kalalinggi, M.Si & Budiman, S.IP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08 September 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email