PENGARUH STANDARISASI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 006 KECAMATAN SANGASANGA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Mega Kumala Sari)

September 16, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 16, 2015 @ 11:54 AM
IP: 207.244.89.108

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH STANDARISASI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 006 KECAMATAN SANGASANGA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mega Kumala Sari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Sarana, prasarana, hasil belajar
  • 4. Description [Abstrak] : Mega Kumala Sari, Penngaruh Stndarisasi Sarana dan Prasara pendidikan Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 006 Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara standarisasi sarana dan prasarana pendidikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasara negeri 006 kecamatan sangasanga.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi sekolah dasar negeri 006 kecamatan sangasanga, sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 orang responden yang dipilih secara random. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) Angket, (2) Observasi, lalu untuk mengetahui pengaruh standarisasi sarana dan prasarana pendidikan terhadap hasil belajar siswa, data dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana serta tabel ANOVA untuk menguji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara standarisasi sarana dan prasarana pendidikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar negeri 006 kecamatan sangasanga, dibuktikan dengan hasil perhitungan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan perhitungan tabel ANOVA yang menghasilkan F hitung lebih besar dari F tabel atau F hitung = 7,49 > F tabel = 4,08 menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternative (H1) diterima. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian yang penulis ajukan diterima karena ada pengaruh antara standarisasi sarana dan prasarana pendidikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar negeri 006 kecamatan sangasanga, kabupaten kutai kartanegara.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si & Melati Dama, S.Sos.M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 September 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email