PERAN ORANG TUA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DI PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Studi Kasus Pada Masyarakat RT. 11 Kelurahan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda) (Rahayu Widiasari)

September 25, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 25, 2015 @ 4:52 PM
IP: 36.82.211.82

  • 1. Title [Judul]: PERAN ORANG TUA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DI PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Studi Kasus Pada Masyarakat RT. 11 Kelurahan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rahayu Widiasari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Komunikasi Interpersonal, Partisipasi Politik, Pemilih Pemula.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam komunikasi interpersonal untuk meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula di pemilu legislatif tahun 2014 dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam mengkomunikasikan kesadaran politik para pemilih pemula untuk berpartisipasi politik di pemilu legislatif tahun 2014 pada RT. 11 Kelurahan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Fokus penelitian yaitumenyampaikan pesan, memberikan respon atau tanggapan serta menjawab pertanyaan dan masukkan dari komunikan.
    Hasil penelitian yaitu penyampaian pesan orang tua kepada anak dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula di pemilu legislatif tahun 2014 masih kurang, anak masih kurang memberikan respon atau tanggapan terhadap informasi tentang pemilu legislatif yang disampaikan orang tua, serta orang tua selalu berusaha menjawab seluruh pertanyan yang diajukan anak tentang pemilu legislatif.
    Kesimpulan yaitu faktor pendukung orang tua dalam berkomunikasi dengan anak untuk mengikuti pemilu legislatif yaitu sikap anak sebagai komunikan dan sistem sosial antara anak dan orang tua.Sedangkan faktor penghambat orang tua dalam berkomunikasi dengan anak untuk mengikuti pemilu legislatif yaitu pengetahuan orang tua tentang pemilu legislatif yang masih kurang dan penggunaan bahasa orang tua yang sulit dimengerti oleh anak.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surya, S.Sos., M.Si, Inda Fitryarini, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13 Mei 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ilmu Komunikasi

Loading

Print Friendly, PDF & Email