IDENTIFIKASI MOTIF MENONTON TAYANGAN PROGRAM TELEVISI “LAPTOP SI UNYIL” TRANS 7 PADA SISWA SDN 010 KEC. SAMARINDA UTARA KEL. SUNGAI PINANG DALAM SAMARINDA (Rizka Perdina Profita )

October 28, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 28, 2015 @ 12:46 PM
IP: 180.248.71.0

  • 1. Title [Judul]: IDENTIFIKASI MOTIF MENONTON TAYANGAN PROGRAM TELEVISI “LAPTOP SI UNYIL” TRANS 7 PADA SISWA SDN 010 KEC. SAMARINDA UTARA KEL. SUNGAI PINANG DALAM SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizka Perdina Profita
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Identifikasi Motif, Menonton Tayangan, Laptop Si Unyil, Trans 7
  • 4. Description [Abstrak] : Rizka Perdina Profita, 2015, Identifikasi Motif Menonton Tayangan Program Televisi “Laptop Si Unyil” Trans 7 Pada Siswa SDN 010 Kec. Samarinda Utara Kel. Sungai Pinang Dalam Samarinda dibawah bimbingan Bpk Dr. H. Abdullah Karim, M.S dan Ibu Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP. M.M. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui serta menganalisis motif siswa menonton tayangan program televisi “Laptop Si Unyil” Trans 7. Fokus dalam penelitian ini meliputi motif kognitif, motif identitas personal dan motif hiburan.
    Penelitian ini termasuk jenis penelitian statistik deskriptif kuantitatif Data dalam penelitian ini diperoleh melalui informan dengan cara melakukan tanya jawab menggunakan kuisioner tertutup dengan wawancara terstruktur.
    Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa motif “kognitif” dan motif “hiburan” yang paling mempengaruhi siswa untuk memenuhi kebutuhannya dengan menonton tayangan Laptop Si Unyil Trans 7, hal ini di karenakan dari hasil pertanyaan motif kognitif semua hasil tertinggi menjawab :
    1) Motif Kognitif : Sebagai pendorong mereka dalam menambah pengetahuan, mempertahankan informasi dan mencari informasi dari tayangan tersebut. Hal ini ditunjukkan melalui persentase jawaban dari 50 responden yakni sebanyak 86,20 % yang menjawab bahwa mereka tertarik karena banyak informasi yang bisa didapat dari tayangan tersebut.
    2) Motif Hiburan : Merupakan motif berkenaan dengan hal-hal untuk mendapatkan rasa senang, pelepasan dari ketegangan dan kejenuhan dari kegiatan sehari-hari seperti bersantai, mengisi waktu luang dan menyalurkan emosi dalam hal ini melalui tayangan Laptop Si Unyil. Dapat dilihat sebanyak 53 responden atau 91,37% responden menjawab bahwa tayangan Laptop Si Unyil dapat membuat mereka terhibur saat ditonton dan sebanyak 87,93% atau 51 responden menjawab berbeda yakni Laptop Si Unyil memberikan mereka kepuasan saat mereka menonton tayangan tersebut, karena pada dasarnya individu akan menanggapi dengan respon yang berbeda meskipun diberikan stimuli yang sama. Dapat dilihat dari persentase diatas bahwa mereka mengisi waktu luang, memenuhi kebutuhannya akan hiburan dan menyalurkan emosinya melalui tayangan Laptop Si Unyil.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M.S & AnnisaWahyuni A, S.IP.,M,M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Oktober 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email