EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN BETAYAU KABUPATEN TANA TIDUNG (ANDIKA SAGITA PUTRA)

November 5, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 5, 2015 @ 4:06 PM
IP: 180.248.70.147

  • 1. Title [Judul]: EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN BETAYAU KABUPATEN TANA TIDUNG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: ANDIKA SAGITA PUTRA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: efektivitas kerja, pegawai negeri sipil (PNS), pelayanan masyarakat.
  • 4. Description [Abstrak] : Andika Sagita Putra, 2015, “Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Dalam Pelayanan Masyarakat di Kantor Kecamatan Betayau Kabupaten Tana Tidung”. Program S.1 Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, di bawah bimbingan Ibu Dr. Rita Kala Linggi, M.Si dan Ibu Hj. Letizia Dyastari, M.Si.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian di Desa Bebakung, Kecamatan Betayau, Kabupaten Tana Tidung. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan,Observasi, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini sebanyak 11 (sebelas) orang yang terdiri dari 1 orang dari camat, 1 orang sekretaris camat 2 orang dari pihak kepala subbagian (kasubbag), 1 orang dari kepala seksi kesejahteraan sosial & Masyarakat, 1 orang dari seksi tata pemerintahan dan 5 dari masayarakat. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
    Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas kerja pegawai negeri sipil dalam pelayanan masyarakat di kantor kecamatan Betayau belum efektif seperti yang diharapkan atau diinginkan karena pegawai negeri sipil belum bisa menunjukan hasil kerja yang maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan kedisiplinan kerja pegawai, kemampuan kerja, baik itu kemampuan intekektual yang menunjang dari masing-masing pegawai meskipun masih ada sebagian kecil pegawai yang maksimal dalam bekerja.
    Temuan lainnya yang tidak kalah penting dalam penelitian ini adalah adanya faktor pendukung dan faktor penghambat dari efektivitas kerja pegawai negeri sipil. Adapun yang menjadi faktor pendukung adalah adanya gedung permanen yang menunjang jalannya pelayanan dikantor kecamatana betayu tersedianya sarana prasarana, sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah sedikitnya jumlah pegawai, pegawai bertempat tinggal jauh dari lokasi kantor kecamatan betayau sehingga berdampak pada kurang disiplinnya pegawai pada jam kerja, kondisi jalan menuju kantor kecamatan yang belum memadai, kurangnya motivasi atau semangat dalam bekerja, kurangnya kecakapan komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rita Kala Linggi, M.Si & Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 05 November 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email